Landasan Bandara Juanda Diperbaiki, Jam Operasional Menyesuaikan

Landasan Bandara Juanda Diperbaiki, Jam Operasional Menyesuaikan
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - SURABAYA - Mulai Hari ini, landasan pacu Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo mulai diperbaiki. Operasional bandara pun berubah. Sebab, perbaikan dilakukan di atas pukul 22.00 dan berakhir sebelum pukul 05.00. Pihak pengelola tetap melakukan penyesuaian jadwal perbaikan lantaran tiga bulan ke depan Bandara Junda digunakan untuk penerbangan jamaah haji. 

Selama ini, Bandara Juanda memang beroperasi 24 jam. Selama masa perbaikan, operasional bandara ditutup mulai pukul 22.00. Layanan penerbangan baru dibuka kembali pukul 05.00. Jadwal itu juga sudah dikoordinasikan dengan masing-masing maskapai. Semua maskapai paham dan tidak mempermasalahkan dengan kondisi tersebut. 

Perkecualian hanya diberikan untuk layanan penerbangan haji. Biasanya penerbangan dilaksanakan dini hari. Otomatis Bandara Internasional Juanda wajib membuka layanan untuk penerbangan tersebut.

Legal and Communication Head PT Angkasa Pura (AP) I Juanda Liza Anindya mengatakan, penjadwalan ulang perbaikan pasti dilakukan untuk menyesuakan jadwal penerbangan haji. ''Kami belum tahu jadwal penerbangan untuk embarkasi Surabaya,'' katanya.

Pengalaman dari tahun ke tahun, penerbangan haji berlangsung di atas pukul 23.00 hingga pukul 05.00. Selain itu, pada durasi waktu yang sama, pesawat Saudi Arabia Airlines sering mendarat di Bandara Juanda. Apabila bandara ditutup, pesawat tersebut tidak bisa mendarat untuk mengangkut penumpang. 

Biasanya, sebulan sebelum pemberangkatan jamaah, Kementerian Agama menerbitkan jadwal pemberangkatan. Selama belum ada pemberitahuan tentang jadwal penerbangan haji, perbaikan landasan pacu tetap disesuaikan rencana awal. Yakni pukul 22.00 hingga pukul 05.00. "Tidak ada penerbangan malam. Semua maskapai juga sudah sepakat dan tidak ada yang keberatan dengan jadwal baru tersebut,'' ungkap dia. 

Panjang landasan pacu yang diperbaiki mencapai 3 ribu meter. Pengerjaannya butuh waktu 23 bulan. Pelaksanaannya dilakukan setiap dini hari. Awalnya, perbaikan landasan pacu dijadwalkan Mei lalu. Namun persiapan belum matang sehingga ditunda awal Juli. 

Perusahaan pelaksana proyek pun sudah siap. Tapi, arus mudik dan balik Lebaran beberapa waktu mengakibatkan pelaksanaan perbaikan ditunda. Hari ini perbaikan resmi dilakukan. 

SURABAYA - Mulai Hari ini, landasan pacu Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo mulai diperbaiki. Operasional bandara pun berubah. Sebab, perbaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News