Bandara Kualanamu Hingga Stasiun Binjai Cukup 50 Menit

Bandara Kualanamu Hingga Stasiun Binjai Cukup 50 Menit
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- PT Railink tak mau setengah hati melayani masayarakat. Termasuk dalam pelayanan pengoperasian kereta Bandara Kualanamu, Sumatera Utara (Sumut).

Salah satu yang akan dilakukan Railink dengan memperpanjang rute KA bandara. Dari sebelumnya hanya Bandara Internasional Kualanamu-Stasiun Medan, menjadi hingga ke Binjai.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto mengungkapkan, dengan diperpanjang hingga ke Binjai, maka panjang rute kereta bandara akan menjadi 50 kilometer (km) dari yang saat ini hanya 28 km.

Proyek perpanjangan rute ini, kata Heru, akan dimulai dengan pembangunan elevated track sepanjang delapan km melintas Kota Medan untuk menghindarkan Ka Bandara dg perlintasan sebidang di Kota Medan.

Nantinya selepas Stasiun Bandarkalipah KA Bandara akan naik ke elevated track dan berhenti di Stasiun Medan.

“Rute pelayanan KA Bandara nantinya menjadi Bandara Kualanamu-Stasiun Medan-Stasiun Binjai sepanjang kurang lebih 50 kilometer. Tak hanya pembangunan elevated track, dilakukan juga revitalisasi track antara Medan ke Binjai, dilakukan penataan emplasemen Binjai dan dibangun peron khusus Ka Bandara di Stasiun Binjai. Peron KA Bandara nanti akan berpindah ke lantai 3 di Stasiun Medan," tegas Heru dalam rilisnya, Minggu (17/7).

Dari Stasiun Medan, lanjut Heru, kereta api Bandara akan melanjutkan perjalanan ke arah Stasiun Binjai. Nantinya, KA Bandara hanya berhenti di Stasiun Bandara Kualanamu, Stasiun Medan dan Stasiun Banjai.

Saat dioperasikan, jarak tempuh antara Bandara Kualanamu-Stasiun Medan-Stasiun Binjai bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit saja. Elevated track sepanjang delapan km nanti  hanya diperuntukkan bagi KA Bandara Railink, sedangkan ka reguler melintas di jalur at grade (jalur bawah/eksisting).

JAKARTA- PT Railink tak mau setengah hati melayani masayarakat. Termasuk dalam pelayanan pengoperasian kereta Bandara Kualanamu, Sumatera Utara (Sumut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News