Penyelenggaraan Tour de Singkarak Disorot Dewan

Penyelenggaraan Tour de Singkarak Disorot Dewan
Pebalap ketika melintasi kawasan Alahanpanjang, Kabupaten Solok saat TdS tahun lalu.Foto: dok. Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - SOLOK - Iven balap sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) ke-8 kalinya yang akan berlangsung 6-14 Agustus mendatang.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok meminta Pemkab Solok, khususnya Dinas Pariwisata bekerja maksimal. Apalagi, kabupaten ini menjadi lokasi grand start dan ikon TdS.

Hingga TdS ke-7 tahun 2015 lalu, belum terlihat dampak signifikan kemajuan Kabupaten Solok karena kurang dikemas maksimal. Untuk itu, perlu kesiapan dari sisi infrastruktur jalan, pembenahan pariwisata ataupun promosi hingga pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Solok. 

“Jangan sampai balap sepeda kelas Internasional hanya terkesan tontonan sehari dan tidak meninggalkan kesan apa-apa,” kata Ketua DPRD Kabupaten Solok Hardinalis Kobal, kemarin, (17/7).

Menurutnya, kurang seriusnya Pemkab Solok mengevaluasi iven ini, menjadi penyebab utama kurang lambannya perbaikan di semua sektor kegiatan. Alhasil, ajang yang seharusnya menggaung di kancah nasional dan internasional seakan jadi alek sehari.

“Seharusnya ada pembenahan dan skala prioritas dari tahun ke tahun. Evaluasinya harus serius dan konkret ditindaklanjuti. Jadi, ketika tahun lalu kita kurang di masalah A, tahun berikutnya jangan sampai ada lagi,” sebut Hardinalis.

Soal mendunianya nama danau Singkarak, Kobal menyebut, sejak dulunya memang sudah terkenal. Namun, dinas terkait dinilainya belum mengemas itu dengan baik dengan melakukan pembenahan, sehingga TdS terlihat jadi ajang balap semata. 

“Kalau masalah hotel, itu mungkin perlu investor besar. Tapi, setidaknya untuk membenahi kawasan danau agar jadi menarik kan tak harus menelan biaya banyak. Hal itu sejalan dengan promosi bekerja sama dengan travel agent, bahwa pada Agustus itu, ada iven TdS di Solok,” ungkapnya, seraya mengaku tak dilibatkan saat rapat persiapan TdS 2015 silam.

SOLOK - Iven balap sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) ke-8 kalinya yang akan berlangsung 6-14 Agustus mendatang. Dewan Perwakilan Rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News