8.777 Pejabat Kena Skors, Termasuk 30 Gubernur dan 7.899 Polisi

8.777 Pejabat Kena Skors, Termasuk 30 Gubernur dan 7.899 Polisi
Ilustrasi. Foto: yenisafak

jpnn.com - ISTANBUL - Hari-hari sibuk terjadi di dua kota besar di Turki, Istanbul dan Ankara.

Usai berhasil mempertahankan supremasi kekuasaan, dari upaya kudeta militer pada Jumat (15/7) malam waktu setempat, pemerintah Turki secara masif melancarkan pembersihan.

Harian di Turki, Hurriyet Daily News dan Yeni Safak, edisi Senin (18/7) melaporkan, Kementerian Dalam Negeri telah menskors atau memberikan sanksi kepada 8.777 pejabat yang diduga kuat terlibat dalam kudeta.

Angka itu termasuk 7.899 polisi, 614 petugas polisi militer, 30 gubernur dan 47 kepala distrik.

Polisi yang bermasalah ada yang ditahan karena menyerahkan diri, ada juga yang merupakan hasil sweeping operasi malam usai kudeta. 

Satu per satu mereka dipanggil atau dibawa ke markas polisi setingkat Polda. Identitas kepolisian, juga senjata yang mereka miliki, disita.

Dari angka 8.777 orang tadi, sekitar 6.000 sudah berstatus tersangka dan segera akan disidang baik di mahkamah militer atau pengadilan negara. Angka ini diperkirakan masih terus bergerak, mengingat pemerintah Turki masih terus melakukan pembersihan.

Sejauh ini dilaporkan, pemerintah Turki masih mengarahkan tudingan kepada pengikut Fethullah Gulen sebagai biang keladi dari kudeta. (adk/jpnn) 

ISTANBUL - Hari-hari sibuk terjadi di dua kota besar di Turki, Istanbul dan Ankara. Usai berhasil mempertahankan supremasi kekuasaan, dari upaya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News