3 Provinsi di Jawa Dengan Persentase Penduduk Miskin Terbanyak

3 Provinsi di Jawa Dengan Persentase Penduduk Miskin Terbanyak
BPS. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - SURABAYA – Angka kemiskinan di Jawa Timur masih berada di angka 12,05 persen. Namun, angka kemiskinan itu menurun 1,23 persen jika dibandingkan September 2015.

Meski begitu, angka kemiskinan itu masih lebih tinggi dibandingkan nasional yang mencapai 10,86 persen. Di Pulau Jawa, Jatim menduduki peringkat ketiga untuk persentase jumlah penduduk miskin yang terbanyak.

Posisi pertama diduduki Jogjakarta dengan angka kemiskinan 13,34 persen. Kemudian disusul Jawa Tengah dengan 13,27 persen. Rata-rata angka kemiskinan di Pulau Jawa 10,23 persen. Itu lebih rendah daripada Jatim.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Teguh Pramono mengatakan, perekonomian Jatim sebetulnya cukup kuat. Indikatornya, kinerja pembangunan dan industri.

Pertumbuhan ekonomi Jatim sering lebih tinggi dibanding nasional. Angka pengangguran juga selalu menunjukkan tren penurunan.

’’Orang miskin di Jatim mungkin adalah orang yang sudah sepuh (tua, Red). Jadi, kalau pemerintah berusaha mengatasi kemiskinan dengan cara membuka lapangan pekerjaan, mereka pada akhirnya tidak bisa ikut bekerja,’’ kata Teguh kemarin (18/7).

Sebagaimana kondisi secara nasional, penduduk miskin di desa lebih sulit dikurangi daripada di kota. Jika dibandingkan dengan periode September 2016, pertumbuhan jumlah penduduk miskin di desa naik 0,17 persen.

Sedangkan penduduk miskin di kota justru turun 0,47 persen. Teguh menuturkan, ada beberapa penyebab tingginya kemiskinan di desa. Pertama, biaya distribusi barang konsumsi dari pabrik-pabrik di kota ke desa cukup mahal.

SURABAYA – Angka kemiskinan di Jawa Timur masih berada di angka 12,05 persen. Namun, angka kemiskinan itu menurun 1,23 persen jika dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News