Keren! Drone OS-Wifanusa Siap Awasi Wilayah Natuna

Keren! Drone OS-Wifanusa Siap Awasi Wilayah Natuna
Drone OS-Wifanusa. Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA- Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA) meloloskan pesawat terbang tanpa awak atau Drone OS-Wifanusa dalam Uji Sertifikasi Kelaikan Militer.

Drone OS-Wifanusa lolos setelah melalui rangkaian pengujian yang ketat. Kementerian Pertahanan telah membeli tiga unit drone itu untuk di operasikan di wilayah perbatasan dan juga di ZEE Natuna.

"Rangkaian uji sertifikasi IMAA sangat ketat, pengujian dilakukan baik di darat maupun di laut karena OS-Wifanusa adalah Drone Type Amphibi," kata pencipta drone itu, Dr. Yulian Paonganan atau biasa disapa Ongen, Selasa (19/7)

Ongen mentatakan uji terbang di darat dilakukan di Lanud Atang Sendjaja Rumpin Bogor dan uji laut dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat.

"Kami sedang menunggu sertifikat diterbitkan oleh pihak IMAA yang berpusat di Pusat Lelaikan, Baranahan Kemenhan. semoga dengan terbitnya sertifikat drone ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan digunakan untuk kepentingan pertahanan maupun sipil," lanjutnya

Sebagai informasi Drone OS-Wifanusa ada dua tipe yang pertama OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2 meter) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4 meter).

Kedua tipe ini telah dinyatakan lolos uji sertifikasi kelaikan udara militer. Dua jenis drone ini mampu terbang 6-8 jam dan 8-10 jam dengan jangkauan autonomous bisa mencapai 100 km.

Selain itu, drone tersebut mampu membawa kamera canggih untuk surveillance dan foto udara  keperluan pemetaan. Mampu take off dan landing di darat maupun di air. (flo/jpnn)

JAKARTA- Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA) meloloskan pesawat terbang tanpa awak atau Drone OS-Wifanusa dalam Uji Sertifikasi Kelaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News