Ini Strategi BMW Genjot Penjualan Mobil Premium

Ini Strategi BMW Genjot Penjualan Mobil Premium
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - SURABAYA – Astra BMW punya cara jitu untuk menaikkan penjualan mobil premium di Jawa Timur. Caranya ialah menyasar segmen pemula (entry level) dengan menambah pilihan bagi pasar itu.

Branch Manager BMW Astra Surabaya Yopy Antonio Suko menyatakan, kontribusi segmen entry level mencapai 60 persen dari total penjualan BMW di Jawa Timur.

Konsumen entry level umumnya pengguna mobil buatan Jepang yang ingin merasakan sensasi mengendarai mobil Eropa. ’’Banyak yang loncat dari MPV ke entry level BMW,’’ ujar Yopy.

Mobil yang termasuk jajaran entry level BMW adalah BMW X1, seri 1, dan seri 3. Namun, BMW memberikan promo khusus bagi peminat seri 5 yang berada sedikit di atas entry level. ’’Untuk seri terbaru harus inden karena peminatnya membeludak,’’ ujar Yopy.

Kini penjualan BMW di Jawa Timur naik 15–18 persen (year to date). Angka kenaikan pada Juni lalu bahkan mencapai 36 persen. Realisasi penjualan tersebut membuat market share BMW di Jatim meningkat dari 30 persen pada periode Januari–Mei 2015 menjadi 32 persen pada periode yang sama tahun ini.

BMW pun menargetkan total pangsa pasar tahun ini menjadi 40 persen atau setara 250 unit. ’’Sampai saat ini, realisasi penjualan sudah 46–47 persen dari target,’’ paparnya.

Pada semester kedua ini, Yopy optimistis penjualan mobil segmen premium meningkat sekitar 20 persen dibandingkan semester pertama. Pasar mobil premium di Jatim umumnya tidak banyak berubah karena masing-masing sudah memiliki segmen pasar tersendiri.

’’Untuk beberapa merek memang market share naik, ada pula yang turun,’’ jelas Yopi.

SURABAYA – Astra BMW punya cara jitu untuk menaikkan penjualan mobil premium di Jawa Timur. Caranya ialah menyasar segmen pemula (entry level)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News