Kemendikbud Pastikan Tidak Ada Pendidikan Gratis‎

Kemendikbud Pastikan Tidak Ada Pendidikan Gratis‎
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- ‎Pendidikan gratis yang selama ini digaungkan di daerah dinilai sebagai alat kampanye saja. Pasalnya, di dalam aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak ada satu pun menyebutkan pendidikan itu gratis.

"Silakan buka PP maupun aturan Kemendikbud lainnya, tidak ada yang menyebut‎kan pendidikan gratis. Yang ada adalah larangan menarik pungutan dalam bentuk apa pun kepada siswa dan orang tua wali murid," papar Sekjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Thmarin Kasman, Rabu (20/7).

Dalam UU maupun PP, lanjutnya, pendidikan jadi tanggung jawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Biaya pendidikan tidak datang dengan sendirinya dari langit.

Itu sebabnya semua komponen masyarakat dan pemerintah bersinergi untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak didik.

"Jadi pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat dan keluarga juga. Kalau ada kepala daerah yang kampanye ‎pendidikan gratis, gratisnya di mana dulu. Saya khawatir, karena mengejar gratisnya kualitas pendidikan jadi biasa-biasa saja," bebernya. (esy/jpnn)


JAKARTA- ‎Pendidikan gratis yang selama ini digaungkan di daerah dinilai sebagai alat kampanye saja. Pasalnya, di dalam aturan Kementerian Pendidikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News