Parah! Dari 634 Jenis Narkoba di Dunia, 44 Jenis Beredar di Indonesia

Parah! Dari 634 Jenis Narkoba di Dunia, 44 Jenis Beredar di Indonesia
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso saat menghadiri acara ASEAN Seaport Intredection Task Force (ASITF) di Batam, Kepri, Rabu (20/7). Foto: Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan hingga saat ini di dunia terdapat 634 jenis narkoba. Dan yang telah masuk ke Indonesia sebanyak 44 jenis. 

"Baru tercantum dalam undang-undang ada 18 jenis saja. Jadi jenis baru, tak bisa kita jerat dan bawa ke ranah hukum," ujar Budi Waseso dalam acara ASEAN Seaport Intredection Task Force (ASITF) di Batam, Kepri, Rabu (20/7). 

Selama berada di Batam, Budi Waseso akan melakukan sosialisasi bahaya narkoba pada sejumlah perusahaan. Buwas dan rombongan juga Pelabuhan Batuampar.

Menurut dia, pelabuhan, baik resmi maupun ilegal, sangat rawan menjadi pintu masuk narkoba. Khususnya dari luar negeri.

"Peredaran narkoba itu kuat melalui jalur laut, makanya kami berkumpul membicarakan persoalan ini," kata Budi Waseso seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki garis pantai terpanjang yakni 99.093, sangat dirugikan atas peredaran narkoba melalui pelayaran ini. Sehingga ia merasa perlu ada kerja sama antar negara, agar dapat mengatasi peredaran nakoba. 

"Garis pantai ini terpanjang kedua setelah Kanada. Dengan personil yang terbatas, garis pantai panjang ini dimanfaatkan oleh pengedar narkoba," ujarnya. (ska/ray/jpnn)


BATAM - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan hingga saat ini di dunia terdapat 634 jenis narkoba. Dan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News