Ibas: Efisiensi Pemilu Jangan Mengorbankan Kedaulatan Rakyat

Ibas: Efisiensi Pemilu Jangan Mengorbankan Kedaulatan Rakyat
Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan fraksinya memiliki atensi besar terhadap pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD (legislatif) yang akan digelar pada 2019 mendatang.

"Sejauh ini Demokrat dan FPD belum menentukan kemungkinan menaikan ambang batas dalam pemilu baik pilpres maupun legislatif. Namun kami siap membahas sedini mungkin hal ini untuk persiapan pemilu ke depan yang berkualitas," kata Ibas, Kamis (21/7).

Meski pelaksanaan pemilu masih sekitar tiga tahun lagi, Ibas berharap pemerintah dan DPR harus segera menyiapkan payung hukum agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan demokratis.

"Kami sepakat bahwa sistem demokrasi adalah yang terbaik untuk mewujudkan kedaulatan dalam memilih dan dipilih secara langsung. Oleh karenanya segala persiapan pemilu khususnya payung hukum harus segera dibahas bersama," pintanya.

Lebih lanjut, anggota Komisi X DPR ini mengingatkan pentingnya pelaksanaan pemilu yang efisien dan efektif. Tapi, kata Ibas, alasan efisiensi dan efektifitas jangan sampai mengorbankan esensi demokrasi yaitu kedaulatan rakyat.

"Mengawal sistem pemilu multipartai yang lebih sederhana dan kuat itu sebuah cita-cita. Tetapi demokrasi juga harus diartikan sebagai proses besar dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat, bukan sekedar membatasi hak-hak memilih dan dipilih untuk tujuan besar bangsa," tegasnya.

Ibas berharap pesta demokrasi dapat menumbuhkan semangat bersama dari semua komponen bangsa dalam mengawal pelaksanaan pemilu. DPR dan Pemerintah serta masyarakat ujarnya, agar memberi waktu yang cukup bagi KPU untuk menyiapkan cara baru pesta demokrasi di Tanah Air.

“Kita tidak bisa melihat hanya seberapa besar ambang batasnya saja, melainkan kualitas demokrasinya itu sendiri tentu harus diikuti dengan semangat bersama menuju Indonesia yang jauh lebih baik, maju, adil dan sejahtera," pungkas wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Timur VII itu.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan fraksinya memiliki atensi besar terhadap pelaksanaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News