Perempuan di Manila Kini Merasa Lebih Aman

Perempuan di Manila Kini Merasa Lebih Aman
FOTO: DHIMAS GINANJAR/JAWA POS

jpnn.com - Laporan wartawan JAWA POS, DHIMAS GINANJAR dari Manila 

EFEK terpilihnya Presiden Rodrigo Duterte yang dikenal tegas terhadap pelaku kriminal membuat tindak kejahatan di Filipina seakan tiarap. Karenanya, bagi turis berada di Filipina, khususnya Manila bisa jadi tidak pernah merasa seaman saat ini. Meski belum genap sebulan Duterte memimpin, sudah banyak bukti yang diberikan 

Selama sepekan di Manila, Jawa Pos mencoba berbagai moda transportasi. Mulai Uber, taksi konvensional, metro rail transit (MRT), light rail transit (LRT), jeepney yang di Indonesia adalah mikrolet, sampai tricycle atau becak bermotor. Termasuk berjalan pada malam di beberapa sudut kota. 

Semua perjalanan itu nyaman. Imbauan hotel agar turis tidak sembarangan memilih taksi karena ada oknum yang curang juga belum ditemukan. Warga lebih merasa aman karena pelaku yang tertangkap tak akan diberi ampun.

Kalau dahulu warga waswas ketika bepergian, sekarang pelaku kriminal yang waswas akan ditangkap. Karena itulah, tanpa ragu, Jam Torres, 28, memilih Duterte pada pemilu lalu. "Saya merasa lebih aman saat siang maupun malam," kata Jam.

Perempuan chubby itu bekerja di salah satu department store di Manila. Dia harus pulang larut saat jam beroperasi mal telah usai. Jam memang bukan tipikal perempuan yang suka khawatir saat pulang malam. Namun, dia berharap pemerintahan Duterte membuat perempuan semakin aman.

Sikap tegas pemerintah yang terus termuat dalam berbagai media Filipina juga menumbuhkan optimisme perempuan lainnya. Paula Bianca, 21, karyawan sebuah perusahaan customer service di kawasan Ayala Avenue, menyebut sudah saatnya perempuan diberi rasa aman lebih.

"Di Manila, saya pakai pakaian biasa saja banyak laki-laki yang menggoda. Itu sangat tidak nyaman," terangnya. Dia ingin pemerintahan baru bisa lebih tegas terhadap hal-hal seperti itu. Agar pelecehan seksual yang menjadi pangkal pemerkosaan tidak terjadi lagi.

Laporan wartawan JAWA POS, DHIMAS GINANJAR dari Manila  EFEK terpilihnya Presiden Rodrigo Duterte yang dikenal tegas terhadap pelaku kriminal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News