Ozonae, Mesin Penjernih Air Hasil Rakitan Pemuda Jember

Ozonae, Mesin Penjernih Air Hasil Rakitan Pemuda Jember
Angger Prasetyo yang berhasil menciptakan penjernih air. FOTO: JAWA POS GROUP

jpnn.com - Keterbatasan perlengkapan bukan halangan untuk bermanfaat bagi sesama. Angger Prasetyo telah membuktikannya. Anak muda yang tinggal di Jalan KH Abdus Syukur, Kecamatan Sumbersari, Jember, itu berhasil menciptakan penjernih air. 

RULLY EFENDI, Jember 

---

PENJERNIH air tersebut berbentuk kotak dan berbahan plastik. Alat itu dibuat dari rangkaian elemen elektronik. Meski tampak sederhana, alat yang diberi nama Ozonae itu mampu mensterilisasi air kotor menjadi jernih. 

Ozonae yang diciptakan sarjana Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Batan Jogjakarta itu merupakan sebuah mesin yang mengubah atom oksigen O2 menjadi ozon. Mesin bekerja dengan bantuan discharge sinar ultraviolet yang dihasilkan listrik bertegangan 20 kv pada frekuensi 50 Hz. Mesin tersebut digadang-gadang mampu melawan pencemaran air.

Angger tidak hanya mengklaim hasil penemuannya. Sejumlah bukti hasil penelitian mampu dideskripsikan dengan baik dan detail. Belum lagi soal pengakuan konsumen mesin yang sudah dimanfaatkan masyarakat berbagai kota hingga negara tetangga, Brunei Darussalam, itu.

Selain dimanfaatkan untuk kepentingan rumah tangga seperti sterilisasi air mandi dan minum, mesin tersebut digunakan banyak pemilik kolam ikan. ''Cocok juga untuk kolam ikan. Apalagi kolam ikan lele. Bisa membantu optimalisasi hasil panennya,'' kata pemuda berumur 25 tahun itu.

Angger menjelaskan, bakteri jahat yang terkandung di dalam air kolam lele akan terbunuh karena ozon yang dihasilkan mesin ciptaannya. Selain bakal lebih aman terhadap kerentanan gagal panen, lele tidak begitu membutuhkan makanan yang berlebih. Semua terjadi karena optimalisasi.

Keterbatasan perlengkapan bukan halangan untuk bermanfaat bagi sesama. Angger Prasetyo telah membuktikannya. Anak muda yang tinggal di Jalan KH Abdus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News