Memiriskan Hati, Anak-anak Berangkat Sekolah Lewat Jalan Berlumpur

Memiriskan Hati, Anak-anak Berangkat Sekolah Lewat Jalan Berlumpur
Anak-anak karyawan kelapa sawit terjebak lumpur saat hendak berangkat sekolah ke Kecamatan Sungai Durian, Jumat (22/7) kemarin. Foto: ist/ Radar Banjarmasin

jpnn.com - KETUA Serikat Pekerja Minamas areal Kecamatan Sungai Durian, M Rabiansyah, Jumat (22/7) kemarin mengunggah foto yang memiriskan hati. Dalam foto itu terlihat anak-anak sekolah naik truk terbuka. Jalanan tanah liat licin dan berlumpur. Kanan dan kiri terlihat hamparan pohon kelapa sawit.

Zalyan Shodiqin Abdi, Kotabaru

Dalam keterangannya kepada Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), Robi, panggilan akrabnya, mengatakan jalan tersebut adalah jalan kecamatan. Akses utama dari Desa Bakau Kecamatan Pamukan Barat ke Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Para pelajar itu adalah anak karyawan kebun.

Robi bercerita, pagi Jumat kemarin dia berkesempatan meninjau langsung akses keluar dan masuk perjalanan anak sekolah dari areal kebun ke Kecamatan Sungai Durian.

Langkah ini dilakukan karena banyaknya laporan baik orang tua murid maupun anak sekolah tentang kondisi jalan yang membahayakan. 

"Setelah kami telusuri memang kondisi jalan setelah hujan jelas tidak bisa dilewati kendaraan (truk) pengantar anak sekolah. Kalau nekat tentu akan membahayakan anak sekolah dan risiko akan menjadi beban supir," ujarnya.

Robi mengaku langsung menghadap Pjs Estate Manager Selabak Minamas, Firlan Edi. "Dia langsung menanggapi dengan segera menelpon Asst Divisi 2 Selabak Khadarisman agar hari ini kalau perlu sampai malam segera lakukan pembelian koral untuk akses sementara agar mobil bisa keluar masuk," kata Robi.

Namun Robi juga jengkel. "Pertanyaan mendasar kenapa hal kecil seperti ini harus Serikat Pekerja yang melibatkan diri, manajemen di sana harusnya sudah bisa memecahkan masalah dan koordinasi dengan pimpinannya, sehingga tidak berlarut dan memutus akses anak sekolah," tuturnya.

KETUA Serikat Pekerja Minamas areal Kecamatan Sungai Durian, M Rabiansyah, Jumat (22/7) kemarin mengunggah foto yang memiriskan hati. Dalam foto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News