Agar IQ Anak Lebih Tinggi, Ibu Hamil Disarankan Makan Makanan Ini

Agar IQ Anak Lebih Tinggi, Ibu Hamil Disarankan Makan Makanan Ini
ILUSTRASI. FOTO: laman MSN

jpnn.com - Buah-buahan bisa menjadi makanan yang bermanfaat bagi Anda. Sebab buah merupakan sumber alami dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi tubuh yang baik.

Kandungan serat yang banyak pada buah juga membantu dan mengoptimalkan fungsi pencernaan. Buah juga merupakan bagian penting dari diet yang sehat terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Namun kini ada lagi loh manfaat lain dari buah. Sebuah penelitian di Kanada, yang diterbitkan dalam jurnal, EbioMedicine, telah menemukan bahwa perempuan yang makan lebih banyak buah selama kehamilan memiliki anak dengan IQ (intelligence quiotent) yang lebih tinggi pada usia satu tahun.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti Kanada dari University of Alberta menemukan bahwa salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan perkembangan kognitif pada anak-anak adalah jumlah buah yang ibu mereka makan selama kehamilan.

Para ilmuwan mempelajari 688 bayi satu tahun, yang dikendalikan oleh faktor lain yang memengaruhi pembelajaran dan perkembangan mereka, seperti pendapatan keluarga dan pendidikan orang tua.

Mereka menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi enam sampai tujuh porsi buah per hari, termasuk jus memiliki anak dengan IQ enam atau tujuh poin lebih tinggi pada skala standar pada satu tahun.

"Kita tahu bahwa semakin lama seorang anak dalam kandungan, maka semakin berkembang mereka dan mengonsumsi satu porsi atau lebih buah per hari dalam diet seorang ibu hamil memberikan bayinya manfaat luar biasa dikemudian hari," kata peneliti, Dr. Mandhane, seperti dilansir laman MSN, Kamis (21/7).

Namun para peneliti memperingatkan wanita hamil jangan terlalu sering mengonsumsi buah yang mengandung fruktosa, karena hal ini bisa mengakibatkan komplikasi seperti diabetes gestational dan berat lahir yang tinggi.

Buah-buahan bisa menjadi makanan yang bermanfaat bagi Anda. Sebab buah merupakan sumber alami dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News