KAI Berhasil Angkut 5,48 Juta Penumpang

KAI Berhasil Angkut 5,48 Juta Penumpang
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berhasil mengangkut 5,48 juta penumpang selama pelaksanaan masa angkutan Lebaran 2016. Perseroan juga sukses mencapai target zero accident.

Kenaikan penumpang juga mencapai 7,3 persen dari total tahun lalu. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, KAI juga memperjuangkan menambah rangkaian kereta api tahun ini.

Padahal, cadangan yang ada jadi berkurang.“Pada 2015 itu 5,10 juta penumpang,” ujar Edi pada wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/7).

Rangkaian kereta KA Kutojaya Ekstra Lebaran yang dioperasikan pada operasi angkutan Lebaran tahun ini, lanjut Edi, menggunakan kereta baru dengan kapasitas 80 seat per kereta.

 Sehingga total kapasitas 800 penumpang per perjalanan. Kereta baru kelas ekonomi ini memiliki fasilitas setara kelas eksekutif dengan desain interior yang lebih modern dengan dilengkapi AC, televisi, CCTV, sandaran tangan per tempat duduk dan colokan listrik.

 “Ada hal-hal baru yang diperkenalkan tahun ini antara lain pelayanan semua stasisun itu ruang tunggu harus bersih dan bagus dan WC sudah baik dan musala harus baik dan layak untuk dipakai penumpang,” ujarnya.

Untuk omzet tahun ini, PT KAI juga mendapat lonjakan penghasilan dibanding tahun lalu yaitu sebesar 14 persen. Selain itu, PT KAI telah mengimplementasikan penerapan baru sistem cek in mandiri di beberapa stasiun di Jawa yang diharuskan untuk mengetikkan kode booking atau memindai barcode yang tertera pada bukti pembelian tiket KA pada mesin cek in.

Ini untuk mempercepat proses cetak boarding pass, sehingga memudahkan penumpang, memberikan kenyamanan di stasiun, mengurangi antrean dan menghilangkan peredaran tiket palsu/percaloan

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berhasil mengangkut 5,48 juta penumpang selama pelaksanaan masa angkutan Lebaran 2016. Perseroan juga sukses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News