Inilah Desa Pertama yang Punya Website Resmi

Inilah Desa Pertama yang Punya Website Resmi
Website Desa Kolam Kanan. foto: Radar Banjarmasin

jpnn.com - WANARAYA - Desa Kolam Kanan, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala (Batola) layak dijadikan contoh. Setelah menunggu sangat lama, desa itu punya website resmi.

Tidak tanggung-tanggung, website yang dimiliki adalah website resmi desa dengan domain desa.id. Ini merupakan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Barito Kuala.

Domain desa.id merupakan alamat website resmi sebuah desa di Indonesia. Alamat ini adalah gagasan dan usulan dari desa yang diterima PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan Forum Nama Domain Indonesia serta telah diakui Pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu domain pemerintahan.

Adalah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas MIPA dan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat yang mengembangkan website ini di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala.

“Dengan bantuan aplikasi dari Dishubkominfo Kalimantan Selatan, yaitu aplikasi yang bernama SiDeKa (Sistem Informasi Desa dan Kawasan),” ujar Gusti, salah satu mahasiswa, Sabtu (23/7).

Website dengan domain kolamkanan-wanaraya.desa.id ini sudah bisa diakses oleh masyarakat umum dengan memberikan berbagai informasi desa. Mulai dari berita, profil desa, peta wilayah, lembaga desa, statistik, dan regulasi.

Tidak cukup hanya sampai di situ, pelayanan lebih akan diberikan kepada warga Kolam Kanan seperti pelayanan administrasi surat kelahiran dan kematian.

“Senang sekali bisa membantu dan mengabdikan diri dengan hasil nyata di desa ini. Karena ini merupakan website desa pertama di kabupaten Batola, insha Allah bisa membawa manfaat dan bisa menjadi desa percontohan bidang IT di wilayah Batola,” tambahnya.

WANARAYA - Desa Kolam Kanan, Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala (Batola) layak dijadikan contoh. Setelah menunggu sangat lama, desa itu punya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News