Sejumlah Warga Kaya Mendadak, Wow Banget!

Sejumlah Warga Kaya Mendadak, Wow Banget!
Perumahan. Ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - MALANG – Sejumlah warga di kawasan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jatim, menuai berkah atas kehadiran pengembang properti nasional Ciputra Group.

Sebab, sejak proyek perumahan Citra Garden City dimulai, harga tanah di kawasan tersebut naik gila-gilaan. Kisaran sampai 370 persen!.

Lihat saja data ini. Tanah yang masuk area proyek, sejak pertengahan 2015 lalu dihargai sampai Rp 3,7 juta per meter. Padahal pada awal tahun 2015, sebelum ada proyek, harganya masih Rp 1 juta per meter. Kenaikan harga tanah ini juga menjalar ke lahan yang berada di sekitar proyek. 

Mulai dari Dusun Baran, Buring, sampai ke Kelurahan Wonokoyo dan Tlogowaru. Semua ikut terkerek naik. 

Inilah yang membuat ada sejumlah warga Buring dan sekitarnya menjadi kaya mendadak. Karena mereka sejak 2015 memanfaatkan momentum menjual lahannya ke pengembang maupun ke mafia tanah. 

Salah satu warga yang kini kaya mendadak adalah keluarga Nur Yasin, warga Buring. Keluarganya telah menjual lahan seluas 8 ribu meter persegi. Per meter saat itu dihargai Rp 1 juta. Artinya, kini keluarganya sudah mendapatkan uang Rp 8 miliar. 

”Tahun 2015 lalu, waktu itu pengembang baru masuk dan lokasi tanah milik ayah saya sangat strategis di pinggir jalan,” kata Nur Yasin di rumahnya, kemarin.

Menurut suami dari Nurrochmah ini, mayoritas tanah yang berdekatan dengan proyek Cipura Group itu sudah dilepas ke pengembang. Warga Buring dan sekitarnya beranggapan bahwa inilah kesempatan menjual lahannya. Karena sejak tahun 1991 hingga 2013, kenaikan harga tanah di lokasi strategis cukup landai. 

MALANG – Sejumlah warga di kawasan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jatim, menuai berkah atas kehadiran pengembang properti nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News