Kondisi Koperasi di Bogor Sangat Memprihatinkan

Kondisi Koperasi di Bogor Sangat Memprihatinkan
Kondisi Koperasi di Bogor Sangat Memprihatinkan

jpnn.com - BOGOR–Jumlah koperasi di Kota Bogor cukup banyak. Namun, tak semua kondisinya sehat.

Tercatat, dari 797 koperasi hanya 395 atau 49,6 persen yang aktif. Sementara, sisanya 402 atau 50,4 persen terhitung tidak aktif. Dari jumlah tersebut, koperasi yang terbilang sehat menurun. Selama 2013, terdapat 168 koperasi yang sehat. Sedangkan, 2014 sempat naik menjadi 180 koperasi. Namun, 2015 kembali menurun menjadi 150 koperasi yang sehat. 

Menuju usianya yang ke-69 tahun, 3 Agustus mendatang menjadi momentum yang dirasa tepat untuk mengembalikan citra juga semangat baru Koperasi Kota Bogor. 

“Pada 1 hingga 3 Agustus akan digelar bazaar yang diikuti 20 stand. Pada 29 Agustus juga akan digelar bakti sosial berupa donor darah,” kata Ketua Panitia HUT Koperasi ke-69, Nadjib Soewarno.     

Sementara, untuk upacara peringatannya, kata Nadjib, akan dilaksanakan pada 3 Agustus. “Seperti PKK, banyak hal yang bisa dilakukan koperasi. Ini adalah tantangan kita untuk meningkatkan peran juga fungsi koperasi setelah peringatan HUT-nya,” timpal Yanne Ardian yang dipercaya sebagai ketua Steering Committee. 

Yanne menambahkan, kegiatan ini bukan hanya sekadar hajat besar, namun bagaimana agar koperasi dapat melekat di hati warga Kota Bogor. Ia pun mengaku ingin berperan aktif secara nyata dalam mengembangkan koperasi sebagai dasar keterlibatannya. 

“Koperasi baiknya mampu bersinergi dengan program Pemkota Bogor dan momen hari jadi ini dapat dimanfaatkan sebagai lompatan untuk bergerak menuju ke arah yang diinginkan,” katanya.     

Menurutnya, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai new branding bagi koperasi. Dengan substansi yang kuat, mampu merubah perspektif warga bahwa masyarakat tidak hanya berkutat pada simpan pinjam. 

BOGOR–Jumlah koperasi di Kota Bogor cukup banyak. Namun, tak semua kondisinya sehat. Tercatat, dari 797 koperasi hanya 395 atau 49,6 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News