Wow, Banyak Banget Balita yang Akan Divaksin Ulang

Wow, Banyak Banget Balita yang Akan Divaksin Ulang
Antri vaksin ulang. Ilustrasi Foto: Ariesant/dok.JPNN.com

jpnn.com - SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten M Yanuar mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap balita yang diduga terpapar vaksin palsu untuk divaksin ulang. 

Dari data yang masuk, tercatat ada sekira 1.002 balita yang didaftarkan.

“Yang sudah masuk ada sekira 1.002 balita, tapi itu masih terus berkembang,” katanya seperti diberitakan Radar Banten (Jawa Pos Group).

Kata dia, data tesebut diperoleh dari posko yang dibuka di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan (Tangsel). Pihaknya akan melakukan verifikasi ulang terlebih dahulu terhadap balita yang bersangkutan sebelum divaksin ulang. “Itu kan hanya kekhawatiran saja yang membuat mereka mendaftarkan,” katanya. 

Kata dia, posko pendataan untuk Kota Tangerang ditempatkan di Puskemas Ciledug dan Rumah Sakit Mutiara Bunda, dan lima posko di Tangerang Selatan. Teknis pelaksanaan vaksin ulang, lanjutnya, akan dilakukan di rumah sakit atau puskesmas sesuai domisili balita yang terdata, pada awal Agustus. 

Pelaksanaan juga akan diawasi langsung oleh dinkes kabupaten/kota yang melibatkan dokter anak, Ikatan Dokter Indonesia, dan Perhimpunan Rumah sakit. 

“Kita akan libatkan beberapa pihak untuk meyakinkan orangtua, dan pemerintah yang siapkan vaksinnya,” kata Yanuar.

Ia mengaku, sejauh ini belum ada laporan dari dampak vaksin yang ada. Namun, untuk menjaga imunitas atau kekebalan pada bayi maka perlu dilakukan vaksin ulang. 

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten M Yanuar mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap balita yang diduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News