Ingat Ya, ke Ijen Pakai Masker Oksigen

Ingat Ya, ke Ijen Pakai Masker Oksigen
Kawah Ijen. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI - Peningkatan gas belerang atau gas H2S di dasar kawah Gunung Ijen ternyata tidak membuat jumlah pengunjung ke kawasan wisata Gunung Ijen, Desa Tamansari, Licin menurun. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi mencatat, cukup banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Ijen.

''Pada Sabtu-Minggu, ada 500 wisatawan lokal yang datang,” ujar Kepala Disbudpar Banyuwangi M. Yanuarta Bramuda.

Bagaimana dengan jumlah wisatawan mancanegara (wisman)? Bram, sapaan Bramuda, menyebutkan, per hari jumlah wisman mencapai 30 orang. Mereka datang dari Prancis dan Australia. Sebagian wisatawan itu mengenakan masker oksigen saat naik ke kawah.

Kendati tidak ada penurunan jumlah pengunjung di kawah Gunung Ijen, dengan kondisi cuaca dan adanya peningkatan gas belerang di dasar kawah, pihaknya tetap mengimbau wisatawan untuk berhati-hati. Selain hujan yang membuat medan pendakian licin, peningkatan gas belerang di kawah juga dirasa membahayakan para pendaki.

"Pendakian tidak ditutup. Pengunjung tetap berhati-hati dan taati perintah PPGA Ijen untuk tidak mendekat ke kawah dengan radius 1 kilometer," pesannya. (tfs/aif/c5/ami/flo/jpnn)

 


BANYUWANGI - Peningkatan gas belerang atau gas H2S di dasar kawah Gunung Ijen ternyata tidak membuat jumlah pengunjung ke kawasan wisata Gunung Ijen,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News