Arus Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Tembus Target Semester I 2016

Arus Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Tembus Target Semester I 2016
Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SURABAYA – Arus kunjungan kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak pada semester I 2016, mencatat pertumbuhan sebesar 1,13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sampai dengan akhir Juni 2016, kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 7.261 unit. Kapal pengangkut petikemas menjadi kapal yang paling intens yakni sebanyak 2.875 kunjungan.

Kemudian disusul kapal pengangkut general cargo sebanyak 1.074 kunjungan dan kapal penumpang sebanyak 723 kunjungan.

"Capaian arus kapal pada Juni 2016 mendorong Pelabuhan Tanjung Perak mampu menembus target semester pertama, yang dianggarkan sebesar 7.179 kunjungan," ujar Kahumas Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi.

Hal ini, sambung Oscar, menjadi impresi yang positif terhadap kapasitas pelabuhan yang berlokasi di utara Surabaya itu dalam menangani segala jenis komoditas yang diangkut kapal-kapal, terutama bagi pelayaran dalam negeri.

Adapun, peningkatan arus kapal secara signifikan terjadi pada Juni, yakni sebesar 41 persen setelah di bulan sebelumnya hanya mencatat 824 kunjungan. Sementara untuk arus kapal pelayaran luar negeri, jumlah kunjungannya relatif stabil dengan rerata 179 setiap bulannya, terhitung sejak Januari sampai dengan Juni.

“Rasio perbandingan pelayaran asing dan domestik adalah 1 banding 6, dengan rincian 1.034 kunjungan kapal asing dan 6.227 kunjungan kapal domestik,” kata Oscar dalam siaran persnya, Selasa (26/7). (chi/jpnn)


SURABAYA – Arus kunjungan kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak pada semester I 2016, mencatat pertumbuhan sebesar 1,13 persen dibanding


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News