Sejarah Baru..2 Wanita Lolos Seleksi Latihan Pasukan Khusus Green Berets

Sejarah Baru..2 Wanita Lolos Seleksi Latihan Pasukan Khusus Green Berets
Ilustrasi. Foto: Staff Sgt. Russell Klika/U.S. Army-The Washington Post

jpnn.com - WASHINGTON - Lembaran baru militer Amerika Serikat segera dibuka. Dua wanita, akan menjalani pelatihan khusus untuk menjadi anggota Green Berets, pasukan khusus angkatan darat AS yang biasanya...selalu diisi oleh pria.

"Mereka adalah dua perempuan pertama yang telah terpilih untuk mengikuti penilaian (latihan) pasukan khusus. Ini sejalan dengan penghapusan larangan perempuan dalam perannya di medan tempur," ujar juru bicara United States Army John F Kennedy Special Warfare Centre and School, Major Melody Faulkenberry, seperti dikutip dari AFP, Senin (26/7).

Dua wanita yang tidak disebutkan namanya ini akan bergabung dengan setidaknya 340 tentara untuk mengikuti Special Forces Assessment Selection (SFAS).

Terobosan ini merupakan yang pertama kali sejak Presiden Barack Obama memutuskan pada 2013, bahwa semua posisi tempur harus terbuka untuk perempuan mulai tahun 2016. Posisi tersebut termuask di infanteri dan pasukan operasi khusus.

Dua wanita ini terpilih dari 860 peserta pelatihan (awal) pasukan khusus, termasuk sembilan perempuan. Sebanyak 340 yang terpilih tadi masih memiliki jalan panjang sebelum berhak memakai baret berwarna hijau khas. 

SFAS dikenal sebagai program 21 hari yang melelahkan, di mana kandidat diidentifikasi hanya dengan angka, seperti "Calon 122".

Minggu pertama, yang dikenal sebagai 'Gates' terdiri dari tes kebugaran fisik dan program 'sejenis'. Setelah menyelesaikan minggu pertama, peserta SFAS beralih ke minggu land navigation, di mana tentara mempelajari dasar-dasar navigasi dengan peta dan kompas.

Minggu terakhir dan ketiga dikenal sebagai "team week, program di mana para kandidat di antaranya menjalani misi panjang dengan sedikit tidur. Mereka harus membawa ransel berat setidaknya 75 pound (sekitar 34 hingga 35 kg), dan tim dari tentara juga harus membawa potongan berat peralatan yang mengambil beberapa orang untuk bergerak.

WASHINGTON - Lembaran baru militer Amerika Serikat segera dibuka. Dua wanita, akan menjalani pelatihan khusus untuk menjadi anggota Green Berets,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News