Jokowi: Ada Upaya Pengeroposan Nilai Pancasila

Jokowi: Ada Upaya Pengeroposan Nilai Pancasila
Tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melantik perwakilan Perwira Remaja TNI-Polri di Lapangan Sapta Marga, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/7). Keempat perwira ini merupakan lulusan terbaik atau peraih Anugerah Adhi Makayasa di masing-masing angkatan yakni Letda Inf. Tri Ageng Widhi Nugroho (Akmil), Letda Laut (P) Anka Samudera (AAL), Letda Tek. Juliar Dwida Firmansyah (AAU), dan Ipda Nahal Rizaq (Akpol). FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - MAGELANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa di dalam negeri terjadi upaya-upaya pengeroposan nilai-nilai Pancasila seperti tindak kekerasan, anarkisme terkait agama, terorisme, meningkatnya peredaran narkoba, penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Di luar negeri isu-isu seperti kompetisi global, permasalahan perbatasan, konflik antar negara, konflik intra negara, peperangan asimetris, perebutan cadangan energi, perlombaan senjata oleh negara-negara berkekuatan militer besar, maupun berkembanganya ISIS dan terorisme, menjadi isu-isu yang memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap negara Indonesia.

Menurut Jokowi, TNI dan Polri merupakan alat negara terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI. Oleh sebab itu, TNI dan Polri harus bersinergi, harus berkoordinasi harus bersatu bergotong royong, untuk kepentingan bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

“Hilangkan ego sektoral, tingkatkan jiwa korsa dan soliditas dan solidaritas TNI dan Polri, pelihara kemanunggalan TNI dan Polri dengan rakyat,” tegas Presiden Jokowi dalam amanatnya saat upacara pelantikan 720 Perwira Remaja TNI-Polri Angkatan 2016 di Lapangan Sapta Marga, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/72016) seperti dilansir dalam siaran pers Puspen TNI.

Dalam menyikapi tantangan tersebut, Jokowi menyampaikan Perwira TNI-Polri harus bersikap responsif, peka dan cepat, dengan terus meningkatkan kinerja secara profesional. Ia juga mengingatkan agar menjadikan kritik dari masyarakat sebagai masukan untuk perbaikan kinerja TNI dan Polri.

“Semua itu diperlukan agar kalian melakukan tugas dengan baik serta mampu mengukir prestasi yang membanggakan,” katanya.(fri/jpnn)


MAGELANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa di dalam negeri terjadi upaya-upaya pengeroposan nilai-nilai Pancasila seperti tindak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News