Buktikan, Pak Wiranto!

Buktikan, Pak Wiranto!
Wiranto (kanan), saat diperkenalkan sebagai Menkopolhukam. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Pilihan Presiden Joko Widodo atas Wiranto, sebagai Menkopolhukam cukup banyak mendapat perhatian. Tidak saja dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri.

Sejumlah media asing, cukup kritis dengan munculnya nama Wiranto sebagai Menkopolhukam. Sementara dari dalam negari, sebut saja dari Ketua Setara Institute Hendardi.

"Sulit buat Wiranto memprakarsai penuntasan pelanggaran HAM berat," kata Hendardi.

Menurut Hendardi, dugaan keterlibatan Wiranto cukup jelas tertera dalam laporan-laporan yang disusun Komnas HAM beberapa waktu lalu. "Saya termasuk yang pesimistis atas masa depan penuntasan pelanggaran HAM yang adil. Janji-janji presiden yang terang benderang tertuang dalam Nawacita, besar kemungkinan akan menemui jalan buntu," ujarnya.

Namun nada optimistis juga muncul dari salah seorang pengamat politik Indra Nofi. Menurutnya, sudah saatnya buat Wiranto membuktikan atau bahkan menutup tudingan miring terkait banyak kasus masa lalu. "Sejarah memang tak bisa ditutupi. Namun saya pikir ini kesempatan Wiranto membuktikan lewat kerja. Bidang politik, hukum dan keamanan itu luas. Tidak harus dipersempit dengan masa lalu seseorang. Toh, ini keputusan presiden," singkat Indra. (gir/adk/jpnn)


JAKARTA - Pilihan Presiden Joko Widodo atas Wiranto, sebagai Menkopolhukam cukup banyak mendapat perhatian. Tidak saja dari dalam negeri, namun juga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News