Pertaruhkan Nyawa, Petugas PLN Bikin Keluarga Cemas

Pertaruhkan Nyawa, Petugas PLN Bikin Keluarga Cemas
Salah seorang petugas sedang memperbaiki jaringan yang rusak. Foto: Radar Sorong

jpnn.com - SORONG - Keluhan bahkan hujatan, sering kali diterima PLN saat pemadaman listrik terjadi. Namun, itu tidak memudarkan semangat para petugas PLN yang bekerja meski menanggung risiko nyawa sekalipun. 

Rabu (27/7) kemarin, pemadaman listrik terjadi di Jalan Bukit Baru, Sorong. Hal ini disebabkan adanya perbaikan jaringan listrik kabel dengan daya besar.

Di tengah guyuran hujan deras, beberapa petugas PLN tampak sedang memantau, saat rekan-rekan mereka berada di atas tiang. Mereka yang naik dengan safety memperbaiki gangguan jaringan yang menyebabkan pemadaman. 

Perbaikan yang dilakukan oleh salah satu petugas PLN, sebagian jaringan tegangan masih ada yang terhubung dan menghasilkan sengatan listrik. Risikonya, jika tidak diwaspadai akan merenggut nyawa.

Kelengkapan terlihat dari seragam yang mereka gunakan, mulai dari topi, rompi berwarna orange, sepatu boot, sarung tangan dan tas yang diselempangkan dipinggang untuk mengisi alat-alat perbaikan. 

Menurut Mulyadi, Staf Pemeliharaan Jaringan, keamanan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh para petugas PLN di lapangan. Bekerja berdampingan dengan aliran listrik yang tidak terlihat oleh kasat mata, menanggung resiko yang cukup besar. 

Bukan sengatan kecil, kehilangan nyawa merupakan risiko paling besar yang harus dihadapi. Namun, pekerjaan tetap lah pekerjaan, apapun resikonya tetap dijalankan. Banyak rintangan yang harus dilewati dalam pekerjaannya, selain cacian dan hujatan dari masyarakat yang geram karena pemadaman di rumah masing-masing, cuaca dan medan jalan ikut menjadi rintangan untuk memberikan penerangan kembali ke masayrakat. 

“Kalau cuaca kayak gini, (hujan) juga jadi masalah, apalagi padamnya karena pohon tumbang,”ucap Mulyadi kepada Radar Sorong.

SORONG - Keluhan bahkan hujatan, sering kali diterima PLN saat pemadaman listrik terjadi. Namun, itu tidak memudarkan semangat para petugas PLN yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News