Jumlah Penduduk Miskin Turun 500 Ribu

Jumlah Penduduk Miskin Turun 500 Ribu
Mensos Khofifah Indar parawansa. FOto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA-Berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos), sejak September 2015 hingga Maret 2016 telah terjadi penurunan angka kemiskinan sebanyak 500 ribu penduduk.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, jumlah penduduk miskin sebanyak 28,01 juta atau 10,86 persen pada Maret 2016, berkurang dibanding September 2015 tercatat 28,51 juta orang atau 11,13 persen. 

”Itu sudah merupakan angka yang luar biasa, yaitu terjadi penurunan jumlah kemiskinan sebanyak 500 ribu dari 11,3 persen menjadi 10,86 persen, ” ujar Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Rabu (27/7).

Menurut Khofifah, penurunan tersebut tidak lepas dari harga pangan yang mengalami kenaikan, sehingga berdampak signifikan terhadap pengeluaran warga miskin untuk pemenuhan kebutuhan pangan sebesar 73 persen.

Itu juga, lanjut Khofifah, didorong oleh upaya pemerintah dengan menggelar operasi pasar, untuk monitoring harga pangan dan melakukan proses stabilisasi harga, sehingga harga pangan bisa terjaga dan terjangkau.

”Kondisi inflasi menurun, berdampak terhadap harga beras yang memiliki signifikansi terhadap penurunan kemiskinan. Ini termasuk, mengalami La Nina dan asap kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, serta banyak kekhawatiran akan kekurangan pangan,” tandasnya.

Selain itu, perlu dilihat bahwa standar kemiskinan BPS terus meningkat dari Rp 344 ribu pada September 2015 menjadi Rp 354 ribu per kapita per bulan pada Maret 2016. ”Di sini, bisa dipahami bahwa sangat mungkin yang disebut miskin itu adalah orang dengan pengeluaran per bulan semakin tinggi dan juga kita semakin meningkatkan standar kemiskinan,” katanya.

Dari hasil data BPS tersebut, bisa menjadi referensi bagi kementerian/ lembaga serta pemerintah daerah (pemda). Terlebih lagi dengan data kemiskinan itu ada yang berbasis di perkotaan mapun di perdesaan.

JAKARTA-Berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos), sejak September 2015 hingga Maret 2016 telah terjadi penurunan angka kemiskinan sebanyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News