Damai dalam Diri

Harmoni dengan Semua dalam Peringatan Hari Raya Waisak

Damai dalam Diri
Foto: Radar Jogja/JPNN
MAGELANG - Peringatan Hari Raya Waisak kemarin (9/5) memang dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tapi, tidak berarti semua umat Buddha merayakannya di sana.

Perayaan lain dilaksanakan di kompleks Candi Sewu di perbatasan Jateng-DI Jogjakarta. Mereka yang ikut merayakan adalah anggota Majelis Buddhayana Indonesia (MBI).

Biksu Sasana Bodhi Thera Agus Handoko menyatakan, candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur adalah Candi Sewu. Lokasi tersebut sejak 2004 juga dipilih menjadi tempat perayaan Waisak atas inisiatif biksu Sasana Bodhi Thera. Kemarin, tak kurang dari 3.000 umat Buddha hadir di lokasi itu. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jateng serta Jogjakarta.

Hadir dalam ritual kali ini Kepala Wihara Mahavihara Sakyawanarum, Pacet, Cianjur, Jawa Barat, Biksu Sasanarakkhita Mahathera. Ada pula Biksu Nyanasuryanadi Mahathera selaku ketua umum Sangha Agung Indonesia (Sagin). Perayaan Waisak 2553 BE ini mengambil tema Eling Membangun Kemenangan Purnama Waisak, Damai dalam Diri, Harmoni dengan Semua.

MAGELANG - Peringatan Hari Raya Waisak kemarin (9/5) memang dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tapi, tidak berarti semua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News