Kisah Kepala Kampung yang Sudah 18 Tahun Belum Lengser

Kisah Kepala Kampung yang Sudah 18 Tahun Belum Lengser
Alex Felix. Foto: Radar Sorong.

jpnn.com - UNTUK bertamu ke kampung ini memang bukan hal gampang tapi bukan pula sulit menemukannya. Kampung ini berada di pinggiran hutan yang masih kental dengan pepohonan besar. Kampung Klain yang berada di SP 3, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Suci Dalam Debu, Radar Sorong

Jalan setapak hanya cukup untuk dilewati motor. Saat musim hujan jalanannya banyak yang becek, kubangan air di jalan berlubang menjadi pemandangan yang kerap mengundang ekstra kehati-hatian.

Ada banyak cerita unik di kampung ini. Keharmonisan warga, tradisi gotong-royong dan toleransi antar umat beragama terjaga baik. Kebersamaan inilah yang membuat warga di Kampung Klain selalu dikenal ramah dan tak ada masalah.

Suasana kampung terasa damai dan adem rasanya. Bangunan musala, Pustu, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, dan Kantor Kampung pun tampak dari ujung jalan. 

Sebuah rumah berdinding tembok bercat hijau muda terlihat tegar di tengah pemukiman warga lainnya. Rumah ini milik kepala Kampung Klain Alex Felix. Senyum dan jabat tangan pun mengawali perkenalan kami pada saat itu dalam suasana hujan yang tiba-tiba turun dengan derasnya.  

Pria kelahiran Sorong ini merupakan tokoh penting di kampung Klain. Kepala kampung yang sudah menjabat sejak tahun 1998 sampai saat ini.  tokoh yang didengar dalam memberikan solusi dan pendapat di kampung yang warganya didominasi Suku Moi.

Selama 18 tahun menjadi kepala kampung, ia sebenarnya sudah beberapa kali menyampaikan untuk mengundurkan diri. Tujuannya agar ada warga lain yang menggantikan, supaya memberi sentuhan perubahan di kampung itu. 

UNTUK bertamu ke kampung ini memang bukan hal gampang tapi bukan pula sulit menemukannya. Kampung ini berada di pinggiran hutan yang masih kental

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News