Menunggu Sikap Gerindra dan PKB

Menunggu Sikap Gerindra dan PKB
Warga melihat DPT di depan TPS pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - KUPANG - Pakar politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, DR Ahmad Atang, mengatakan, koalisi partai jelang pilkada Kota Kupang sudah mengerucut menjadi dua kubu. Hanya saja, masih ada peluang terbentuk poros baru.

Yakni koalisi mendukung pasangan Jonas Salean-Niko Frans (Sahabat) dan Jefri Riwu Kore-Herman Man (Firmanmu).

Di atas kertas kata Ahmad, sebagian besar partai memilih untuk merapat ke paket Sahabat. Sementara koalisi ke paket Firmanmu nampak hanya sekadar untuk memenuhi syarat koalisi yaitu Demokrat dan PAN.

Namun, PAN belum bisa seratus persen mendukung Firmanmu karena belum ada SK resmi. "Maka dari sisi kekuatan politik, hanya dua paket yang sementara ini dipastikan bertarung di Pilkada 2017 nanti," ujar Ahmad Atang.

Bila mencermati lebih jauh maka sampai saat ini secara riil ada dua partai yang belum menentukan sikap yaitu Gerindra dan PKB.

" Gerindra bisa saja menggandeng PKB untuk membangun poros kekuatan baru dengan mengusung paketnya sendiri," tandas dia.

Dan, ada dua figur yang kemungkinan menjadi bidikan dua partai ini yakni Hengky Benu dan dr. Yovita Mitak. Peluang ini bisa saja terjadi karena Gerindra memiliki 5 kursi di DPRD Kota Kupang sementara PKB 3 kursi, sehingga syarat minimal pengajuan paket sudah bisa tercapai.(onq/sam/boy/jpnn)


KUPANG - Pakar politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, DR Ahmad Atang, mengatakan, koalisi partai jelang pilkada Kota Kupang sudah mengerucut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News