Begini Cara Mudah Bedakan Kartu BPJS Asli atau Palsu

Begini Cara Mudah Bedakan Kartu BPJS Asli atau Palsu
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG REDEB - Kepala Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Kabupaten Berau Johansyah meminta masyarakat yang ingin mengurus kartu BPJS lebih berhati-hati.

Pasalnya, sudah ada kasus kartu palsu di Kabupaten Bandung. Karena itu, dia meminta masyarakat tak menggunakan jasa calo untuk menghindari kasus penipuan.

Apalagi, mengurus kartu di kantor BPJS termasuk mudah. “Kasihan yang menjadi korban penipuan itu, mereka orang susah. Sebaiknya mengurus langsung ke kantor kami dan tidak menggunakan jasa calo,” ujarnya akhir pekan kemarin.

Warga yang sudah punya kartu namun meragukan keasliannya bisa mengecek melalui website BPJS Kabupaten Berau. Sebab, dilihat sekilas kartu BPJS asli dan palsu nyaris sama.

Namun, jika diteliti lebih jauh maka perbedaan itu bisa ditemukan. “Kartu BPJS yang asli ada peta Indonesia sementara yang palsu tidak ada,” bebernya. Johansyah memastikan, di Berau belum ada temuan kasus serupa.

“Meskipun tidak ada, kami imbau untuk waspada. Karena bisa saja ke depan ada oknum-oknum yang mencoba untuk menipu warga dengan mengaku-ngaku bisa menguruskan kartu BPJS dengan cepat dan murah, tetapi ujung-ujungnya palsu,” tandas Johansyah. (as/rin/jos/jpnn) 


TANJUNG REDEB - Kepala Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Kabupaten Berau Johansyah meminta masyarakat yang ingin mengurus kartu BPJS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News