UI Butuh Update Peralatan Bagi Pengembangan Ilmu Material Sains

UI Butuh Update Peralatan Bagi Pengembangan Ilmu Material Sains
Alumni Program Studi Material Sains Universitas Indonesia menggelar temu alumni akbar dan Focus Group Discussion (FGD) Program Studi S2-S3 Ilmu Material, Departemen FIsik, FMIPA UI, di Hotel Mercure Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/7) kemarin. Foto: Panitia temu alumni for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengembangan ilmu material sains di Indonesia sangat membutuhkan peralatan canggih yang nilainya sangat mahal. Karena itu menurut Ketua Jurusan Program Pasca Sarjana Ilmu Material Universitas Indonesia Vivi Fauzia, kerja sama dengan sejumlah institusi terutama dengan berbagai lembaga di luar negeri, sangat dibutuhkan.

"Karena Universitas Indonesia menuju dedikasi yang lebih baik, jadi yang saya kejar sekarang bangun kerja sama dengan universitas di luar negeri untuk memanfaatkan peralatan dan update keilmuan," ujar Vivi, Senin (1/8).

Menurut Vivi, UI sebenarnya telah memiliki sejumlah alat yang diperlukan bagi pengembangan ilmu material sains. Namun kondisinya sering rusak. Selain itu juga alat-alat sudah tua dan tidak ada yang baru.

"Tapi meski alat dibutuhkan, itu bukan harga mati. Artinya bukan tidak bisa berbuat apa-apa. Misalnya mahasiswa ikut penelitian dosen ke luar negeri," ujar Vivi.

Sebelumnya dalam temu alumni akbar Program Studi Material Sains UI, Sabtu (30/7) kemarin, Vivi juga berharap peralatan laboratorium bagi pengembangan Ilmu sains ke depan semakin lengkap dan semakin mudah diakses oleh mahasiswa.

Sementara itu Ketua Panitia Temu alumni Program Studi Material Sains UI Mas Ayu mengatakan, kegiatan kebersamaan sangat bermanfaat. Terutama bagi menjaga silaturahmi, kolaborasi riset, dan memberikan sumbangsih yang nyata dari alumni bagi UI. Sehingga dapat berperan nyata membangun bangsa dan negara.(gir/jpnn)


JAKARTA - Pengembangan ilmu material sains di Indonesia sangat membutuhkan peralatan canggih yang nilainya sangat mahal. Karena itu menurut Ketua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News