Inflasi Mulai Naik, Lebih Tinggi dari Nasional

Inflasi Mulai Naik, Lebih Tinggi dari Nasional
BPS. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - TERNATE - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat inflasi Kota Ternate pada Juli 2016 naik dibandingkan bulan sebelumnya. Juli lalu inflasi mencapai 1,04 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 129,79.

Itu lebih tinggi dibandingkan inflasi Juni yang hanya 0,30 persen dengan IHK 128,46. Sedangkan inflasi nasional pada Juli hanya 0,69 persen dengan IHK 125,15. 

Menurut kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) Misfaruddin, inflasi tahun kalender Kota Ternate sebesar 1,53 persen dan inflasi year on year Kota Ternate tercatat 4,02 persen.

“Sedangkan inflasi tahun kalender dan inflasi year on year nasional yaitu masing-masing sebesar 1,76 persen dan 3,21 persen,” katanya dalam konferensi pers di BPS Malut, kemarin (1/7).

Dia menjelaskan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Juli 2016 antara lain ikan cakalang, ekor kuning, dolosi, tongkol, dan cakalang asap. Kemudian buncis, kentang, kubis, wortel, bawang merah, dan bawang putih.

Selain itu juga rokok kretek filter, dan rokok putih, baju kaus berkerah, dan baju kaus tanpa kerah, seragam sekolah, iuran sekolah dasar, tarif listrik, emas perhiasan, serta tarif angkutan udara.

“Komoditas yang harganya turun adalah ikan tuna, bawal, lolosi, cumi-cumi, selar, daging sapi, cabai merah dan cabai rawit,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPS Pusat Suryamin, mengatakan inflasi tahun kalender nasional tercatat 1,76 persen dan inflasi secara year on year (yoy) tercatat 3,21 persen.

TERNATE - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat inflasi Kota Ternate pada Juli 2016 naik dibandingkan bulan sebelumnya. Juli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News