Menhan Indonesia, Malaysia dan Filipina Bertemu di Bali, Nih Agendanya

Menhan Indonesia, Malaysia dan Filipina Bertemu di Bali, Nih Agendanya
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - NUSA DUA - Menteri Pertahanan Indonesia, Malaysia dan Filipina kembali bertemu dalam forum The3rd Trilateral Defence Ministers’ Meeting di Nusa Dua Bali tanggal 1-2 Agustus 2016.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Ryamizard Ryacudu (Menhan Indonesia), Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein (Menhan Malaysia) dan Delfin N. Lorenzana (Menhan Filipina). Ketiganya membahas langkah-langkah pengamanan wilayah maritim di Laut Sulu, Filipina.

Pusat Komunikasi Publik Kemhan menyebutkan pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan yang telah diadakan sebelumnya yaitu pertemuan pertama di Laos, di sela-sela forum Asean Defence Minister Meeting (ADMM) bulan Mei 2016 dan pertemuan kedua di Filipina bulan Juni 2016.

Pada pertemuan di Bali kali ini, ketiga Menteri Pertahanan telah membahas langkah-langkah selanjutnya sebagai implementasi kesepakatan yang dihasilkan pada dua pertemuan sebelumnya.

Topik yang dibahas antara lain hasil pertemuan staf militer ke tiga negara bidang intelijen dan operasi serta perkembangan Framework of Arrangement (FoA) yang telah ditandatangani di Jakarta 14 Juli lalu dalam forum Joint Working Group (JWG) ke-3. Selain itu, ketiga Menteri Pertahanan ini saling bertukar pandangan tentang perkembangan situasi keamanan maritim yang menjadi perhatian bersama.

Menhan Ryamizard Ryacudu menyampaikan beberapa pandangannya, terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghadapi situasi keamanan maritim yang menjadi perhatian bersama.

Ryamizard menegaskan tentang pentingnya untuk segera merealisasikan implementasi kerja sama Trilateral dalam bentuk kerja sama praktis di lapangan secara terkoordinasi.

Menurutnya, kerja sama tersebut berguna dalam menghadapi tantangan keamanan perairan perbatasan yang dewasa ini mulai marak terganggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News