Wiranto: Aparat Keamanan Tetap Siaga Penuh

Wiranto: Aparat Keamanan Tetap Siaga Penuh
Sisa-sisa kerusuhan di Tanjungbalai, Sumut. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bergerak cepat mencegah meluasnya aksi kerusuhan di Tanjung Balai. Meski situasi sudah kondusif, namun Wiranto meminta aparta keamanan tetap siaga penuh.

Mantan Panglima TNI itu memerintahkan agar aparat beserta muspida setempat melakukan langkah persuasive secara terpadu. Langkah itu diambil untuk mencegah terjadinya gelombang aksi susulan.

Wiranto juga mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia merupakan negara Pancasila, sekaligus sebagai negara demokrasi yang bernafaskan kebebasan. ’’Namun bukan kebebasan mutlak, melainkan kebebasan yang ada batasnya,’’ pesannya. Dia berharap kebebasan tidak disalahartikan yang bisa menyebabkan terganggunya kebebasan orang lain.

Peristiwa kerusuhan Tanjung Balai sangat disesalkan karena sebenarnya hanya bersumber dari masalah sepele. Yakni, miskomunikasi antara dua warga. Aksi yang terjadi setelahnya malah memperbesar masalah, karena terjadi perusakan, penyerangan, dan pembakaran oleh warga.

Wiranto meminta masyarakat Tanjung Balai agar bersama-sama menghentikan pertikaian. ’’Biarkan dan hormati aparat keamanan dalam menyelesaikan persoalan,’’ tambahnya. Dia menjamin aparat bakal menyelesaikan masalah tersbeut dengan cara-cara yang adil, bijak, dan menenangkan.       

    Terpisah, Presiden Joko Widodo menyatakan, Kapolri sudah diperintahkan mengumpulkan tokoh-tokoh setempat. Presiden tak ingin isu SARA melebar ke mana-mana. Kejadian di Tanjung Balai harus dijadikan pelajaran bagi bangsa Indonesia. 

’’Semuanya harus mengayomi. Yang mayoritas mengayomi yang minoritas, yang minoritas juga saling bertoleransi,’’ ujarnya usai membuka pameran lukisan Istana di Galeri Nasional Jakarta  kemarin (1/8).

Menurut Jokowi, kedua hal tersebut menjadi kunci dalam menjaga perdamaian di bumi Indonesia. ’’Karena kekuatan kita ini adalah keberagaman dan perbedaan,’’ lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. dia berharap persoalan di Tanjung Balai bisa segera selesai melalui berbagai pertemuan dan komunikasi.

JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bergerak cepat mencegah meluasnya aksi kerusuhan di Tanjung Balai. Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News