Duh..Inilah Anggaran yang Bakal Dipangkas Sri Mulyani

Duh..Inilah Anggaran yang Bakal Dipangkas Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Rencana pemerintah untuk memangkas anggaran dari APBNP 2016 bukan isapan jempol belaka. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, bersama Menko Perekonomian dan Bappenas pihaknya akan mulai menyisir belanja kementerian/lembaga yang bisa dikurangi

“Yaitu masalah pembangunan insfrastuktur, belanja untuk pendidikan (termasuk tunjangan profesi guru), tunjangan untuk belanja kesehatan. Dalam hal ini tetap kami prioritaskan sebagai hal yang akan terus dijaga untuk tidak mengalami pemotongan,” ujarnya di Jakarta.

Meski tetap jadi prioritas, pokok-pokok tersebut juga masuk dalam kajian dan penelitian kementerian terkait untuk bisa efisiensi anggaran.

Pemerintah pusat juga akan menelusuri beberapa pengeluaran untuk daerah yang bisa dikurangi. Namun, tegasnya, yang akan disasar adalah dana bagi hasil karena penerimaan pajaknya diperkirakan lebih kecil.

“Maka dengan otomatis penerimaan untuk dana bagi hasil di daerah juga akan dikurangi. Sedangkan yang lainnya mungkin kami akan mencoba supaya APBN tetap bisa memiliki ruangan untuk membuat ekonomi tetap tumbuh sehat dengan akurasi dari belanja maupun dari sisi penerimaan sehingga pemerintah bisa membangun confidence di dalam,” pungkasnya. (flo/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Benang Kuning Jokowi-Ahok

JAKARTA—Rencana pemerintah untuk memangkas anggaran dari APBNP 2016 bukan isapan jempol belaka. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, bersama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News