Jelang Idul Adha, Ini Kisaran Harga Sapi, Melonjak!

Jelang Idul Adha, Ini Kisaran Harga Sapi, Melonjak!
Sapi diangkut kapal. Foto: Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Harga sapi potong terus terkerek jelang Hari Raya Idul Adha. Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Jatim Muthowif mengatakan, harga sapi siap potong melonjak hingga Rp 1 juta–Rp 1,5 juta per ekor sejak dua pekan lalu.

Kenaikan tersebut ditunjang para peternak yang memilih menjual sapinya. 

”Kenaikan tersebut terutama sapi yang dipakai untuk hewan kurban. Maksimal kenaikannya bisa Rp 2 juta per ekor. Harga rata-rata untuk sapi dengan berat sedang Rp 20 juta–Rp 25 juta per ekor, sedangkan sapi berukuran kecil Rp 15 juta–Rp 20 juta per ekor,” ujarnya kemarin.

Kenaikan tersebut tidak hanya di pasar sapi. Harga sapi di feedloter atau penggemukan juga melonjak.

Sebelumnya, harga dipatok Rp 45.000 per kg, tapi kini merangkak menjadi Rp 46.500 per kg. Harga sapi di feedloter relatif lebih mahal, yakni selisih Rp 2.000–Rp 3.000 per kg dengan sapi peternak.

Naiknya harga sapi siap potong disebabkan tingginya permintaan. Khususnya dari luar Jawa Timur untuk kebutuhan kurban. 

Di sisi lain, tidak ada suplai tambahan yang signifikan untuk memenuhi lonjakan kebutuhan tersebut. Karena itu, perlu ada tambahan pasokan untuk memenuhi kebutuhan sapi. 

Minimnya suplai tidak hanya terjadi di tingkat peternak, tapi juga feedloter. Karena itu, suplai masih sangat kurang karena feedloter yang dulu diisi sapi impor pindah ke sapi lokal sekarang. ”Itu pun sapi bakalannya dari peternak. Jadi, feedloter ambil bakalan, terus digemukkan,” ungkapnya.

SURABAYA – Harga sapi potong terus terkerek jelang Hari Raya Idul Adha. Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Jatim Muthowif mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News