Megawati dan Belasan Dubes Antusias Tanam Pohon di Kebun Raya Bedugul

Megawati dan Belasan Dubes Antusias Tanam Pohon di Kebun Raya Bedugul
Megawati, saat menanam pohon di Kebun Raya Bedugul, Bali. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - BALI - Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri tampak sangat nyaman, saat meluangkan waktunya berdiskusi soal pohon-pohon yang ada di Kebun Raya Bedugul, Bali.

Sabtu (6/8) siang tadi, Mega bersama belasan duta besar negara sahabat, antusias menanam dan menyiram pohon yang ada di kebun dengan total luas 157 hektare itu. Selain mereka, tampak juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Deputi Bidang Ilmu Pengatahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (IPH-LIPI) Enny Sudarmonowati, dan Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. 

Kehadiran Mega di Bedugul adalah sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI). Di acara yang dikemas dalam program ‘Tour of Eka Karya Botanical’ tersebut, mereka dengan antusias melihat satu per satu spesies tanaman yang baru saja ditanam.

Megawati mengungkapkan, yayasan yang dipimpinnya sudah ada sejak dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden. Dari saat itu kondisi kebun raya masih memprihatinkan, kini sudah mulai dikenal luas masyarakat dan bahkan menjadi tempat wisata dan berbagai aktivitas. Namun di luar itu, hal yang penting kenapa dia sangat memperhatikan kebun raya adalah karena untuk menjaga lingkungan.

“Untuk menjaga lingkungan, plasma nutfah Indonesia, untuk menjaga flora dan fauna. Masalah lingkungan ini sekarang belum menjadi perhatian prioritas,” kata Megawati, di Kebun Raya Bedugul, Bali, Sabtu (6/8).

Dalam acara itu, spesies tanaman yang baru saja di tanam dan disiram oleh Megawati adalah Adansonia Digitata L (Malvaceae). Kemudian Menteri Basuki menyiram Anaxagorea sp (Annonaceae). Megawati mengelilingi mengelilingi satu per satu tanaman yang ditanam oleh beberapa Dubes negara sahabat.

Menurut Megawati, Indonesia begitu kaya dengan berbagai tumbuhan dan pepohonan yang jika penelitiannya dimaksimalkan maka hal itu tidak hanya berguna dalam menjaga alam. Tetapi juga bisa untuk kepentingan medis dan lainnya.

Deputi Bidang IPH-LIPI, Enny Sudarmonowati mengungkapkan, dukungan Megawati dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum YKRI sangat membantu perkembangan kebun raya, bahkan bisa menjadi media dalam mengenalkan kekayaan Indonesia kepada Negara-negara sahabat. Enny kemudian membeberkan bahwa misi dari kebun raya yakni konservasi dalam rangka menjaga lingkungan dan mencegah kepunahan, pendidikan, penelitian, pelayanan atau servis jasa lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

BALI - Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri tampak sangat nyaman, saat meluangkan waktunya berdiskusi soal pohon-pohon yang ada di Kebun Raya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News