Alhamdulillah..Banten Akhirnya Juara MTQ

Alhamdulillah..Banten Akhirnya Juara MTQ
Gubernur Banten Rano Karno. FOto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG – Penantian panjang masyarakat Banten terjawab tahun ini. Kafilah Provinsi Banten berhasil menjadi yang terbaik pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

“Alhamdulillah, target juara umum tercapai. Tadi malam (kemarin-red), Ketua LPTQ Banten melaporkan secara resmi kepada saya. Siang ini juga, saya akan langsung berangkat ke NTB untuk memberikan selamat kepada para kafilah, sekaligus menghadiri penutupan MTQ Nasional XXVI,” kata Gubernur Banten Rano Karno usai menghadiri acara TP PKK Provinsi Banten di Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Sabtu pagi (6/8).

Rano menambahkan, sejak Provinsi Banten berdiri, tahun 2000 lalu, keikutsertaan kafilah Banten pada MTQ Nasional memang sudah diperhitungkan provinsi lain. Hanya saja, Banten selalu finish di peringkat kedua. 

“Ini tentu menjadi kado terbaik jelang HUT Banten yang ke-16 pada 4 Oktober mendatang. Setelah penantian panjang, bertahun-tahun mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki, alhamdulillah, tahun ini Banten berhasil keluar sebagai juara umum,” ungkapnya.

Rano melanjutkan, menjadi juara umum atau tidak, dia memang telah berencana menghadiri penutupan MTQ Nasional XXVI oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, karena mencapai target, keberangkatannya ke NTB dipercepat. “Ini adalah sejarah. Harus kita sikapi dengan syukur dan menjadi semangat untuk terus membenahi diri,” jelasnya.

Rano menyebutkan, berdasarkan hasil rekapitulasi rangking terbaik MTQ Nasional, Banten memperoleh nilai tertinggi. Kafilah Banten menyisihkan juara umum MTQ Nasional 2014, yakni Provinsi Kepulauan Riau yang harus puas di posisi ketiga, setelah DKI Jakarta.

“Banten meraih nilai 56 karena menempatkan enam orang di peringkat pertama dengan nilai 30, enam orang di peringkat kedua dengan nilai 18, dan delapan orang di peringkat ketiga dengan nilai delapan. Sementara, DKI Jakarta hanya meraih nilai 41 dan Kepulauan Riau dengan 39,” jelas Rano.

Soal bonus yang dijanjikan, Rano menegaskan, akan memberangkatkan para kafilah menunaikan ibadah umrah. “Bonus dari LPTQ sudah dianggarkan. Untuk umrah, kalau tidak ada anggaran dari Pemprov, nanti akan saya tanggung secara pribadi,” jelasnya.

SERANG – Penantian panjang masyarakat Banten terjawab tahun ini. Kafilah Provinsi Banten berhasil menjadi yang terbaik pada Musabaqoh Tilawatil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News