Alamak! Hanya Rumah Bargoto yang Menikmati Listrik

Alamak! Hanya Rumah Bargoto yang Menikmati Listrik
Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Agam, hingga saat ini belum menikmati aliran listrik. Foto: Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - AGAM – Sekitar 40-an warga dari delapan kepala keluarga (KK) yang tinggal di Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Agam, hingga saat ini belum menikmati aliran listrik.

Di sana, hanya Bargoto, 40, satu-satunya warga yang menikmati listrik melalui mesin genset miliknya. Alat itu dibelinya 5 tahun silam. Untuk menerangi rumahnya, sehari dia harus menyediakan minimal 2 liter bensin.

Menurut penuturan Bargoto kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group) kemarin,dia sudah melakukan pendekatan kepada tiga biro jasa instalasi listrik. Terakhir, sudah hampir dua tahun silam dia berupaya mendaftar ke PT PLN ranting Lubukbasung. 

”Sudah dua kali petugas PLN yang menyurvei ke sini. Seingat saya, mereka baru ke sini tiga bulan lalu. Namun sampai hari ini, tak satupun tiang listrik yang mendekati rumah saya,” ujarnya.

Beli bensin sehari, dirasakan Bargoto, membuat pengeluarannya jadi membengkak. Dia hanya dapat menikmati aliran listrik dari genset dari pukul 18.00 hingga pukul 02.00. 

”Belum lagi dihitung biaya tambahan jika mesin rusak. Mesin genset ini sudah yang kedua kalinya kami beli,” imbuhnya.

Padahal, lanjutnya, akses jalan sudah beraspal tiga bulan lalu, tapi belum diikuti dengan ketersediaan aliran listrik sejak rumahnya itu berdiri. 

”Lihat saja, jalannya sudah bagus, potensi daerah ini bakal ramai penduduk, kabarnya bakal ada perumnas (perumahan nasional),” tuturnya sambil menunjuk jalan beraspal yang tembus ke Pulai dan akses alternatif menuju ke Sport Center Lubukbasung itu.

AGAM – Sekitar 40-an warga dari delapan kepala keluarga (KK) yang tinggal di Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News