Kontingen AS Mulai Panas, Indonesia Turun 4 Peringkat

Kontingen AS Mulai Panas, Indonesia Turun 4 Peringkat
Perenang AS, Kathleen Ledecky (kanan), meraih medali emas dan memecahkan rekor dunia di nomor 400m gaya bebas. Foto: AFP

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Juara bertahan olimpiade, Amerika Serikat mulai panas. Di hari kedua perebutan medali, atau hari ketiga sejak opening ceremony Rio 2016, Negeri Paman Sam meraih dua emas dan akhirnya menduduki puncak klasemen sementara.

Dua keping emas yang didapatkan dari kolam renang itu sangat membantu AS menggeser Australia, yang sehari sebelumnya memimpin tabel. AS juga terhindar dari kejaran China (runner up London 2012), yang juga mulai mengoleksi emas dari cabor-cabor andalannya.

Dua emas yang didulang AS pada Minggu (7/8) waktu Brasil atau Senin (9/8) pagi WIB ini disumbang Kathleen Ledecky dari nomor 400 gaya bebas putri.

Ledecky meraihnya dengan fantastis, lewat pemecahan rekor dunia, tiga menit 56,46 detik. Rekor sebelumnya, juga atas nama Ledecky, tiga menit 58,37 detik. Buat Ledecky, medali emas ini merupakan koleksi medali keduanya di Rio 2016. Sebelumnya, kemarin, perenang yang baru berusia 19 tahun ini juga meraih medali perak di nomor (tim putri) 4x100m gaya bebas. Ledecky juga hingga hari ini memimpin klasemen atlet peraih medali terbanyak di Rio 2016.

Satu emas AS lainnya pada hari ini didulang tim putra 4x100m gaya bebas.

Dengan dua emas hari ini, kini AS mengoleksi tiga emas, plus lima perak dan empat perunggu. Di bawah AS, kini membuntuti kontingen China dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu. Sementara Australia di tempat ketiga dengan tiga emas dan tiga perunggu.

Sedangkan Indonesia berada di posisi ke-20, turun empat peringkat dari hari sebelumnya. Merah Putih masih tetap dengan satu perak, yang disumbangkan oleh lifter Sri Wahyuni. (adk/jpnn)

Klasemen Sementara Rio 2016 (hingga 7 Agustus waktu Brasil)

RIO DE JANEIRO - Juara bertahan olimpiade, Amerika Serikat mulai panas. Di hari kedua perebutan medali, atau hari ketiga sejak opening ceremony Rio

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News