Pertamina Garap Ladang Minyak 5 Miliar Barel di Iran

Pertamina Garap Ladang Minyak 5 Miliar Barel di Iran
Pertamina Garap Ladang Minyak 5 Miliar Barel di Iran

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Terbaru, perseroan pelat merah tersebut bekerja sama dengan National Iranian Oil Company.

Nantinya, Pertamina bakal ikut menggarap ladang minyak dengan potensi cadangan lebih dari lima miliar barel. Ada dua lapangan minyak di Iran yang menjadi isu utama dalam nota kesepakatan itu.

Yakni, Ab-Teymour, sekitar 25 km dari Kota Ahwaz, dan Mansouri yang tidak jauh dari ladang pertama. Kesepakatan tersebut dilakukan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto dan Managing Director NIOC Ali Kardor di Iran.

’’Iran memang menjadi salah satu prioritas Pertamina untuk investasi hulu,’’ ujar Dwi Soetjipto kemarin.

Dari penandatanganan itu, Pertamina memiliki waktu enam bulan untuk melakukan studi dan proposal pendahuluan. Isinya soal pengembangan kedua lapangan onshore yang memiliki cadangan lebih dari lima miliar barel itu.

NIOC akan membuka informasi selama penyiapan proposal. Termasuk kerja bareng tim Pertamina yang dikirim ke Iran melalui mekanisme joint working group.

’’Kami berharap, setelah ada nota kesepakatan kerja sama, kami bisa semakin konkret untuk kedua lapangan itu,’’ jelasnya.

BUMN energi tersebut berpeluang besar untuk terus menggandeng Iran dalam bisnis migas. Sebab, Iran tengah mempersiapkan Iranian Petroleum Contract yang menandai babak baru industri migas di negara tersebut.

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Terbaru, perseroan pelat merah tersebut bekerja sama dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News