Presiden Jokowi Bakal Hadiri Panen Raya Gorontalo

Presiden Jokowi Bakal Hadiri Panen Raya Gorontalo
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri panen raya jagung di Provinsi Gorontalo. Rencana tersebut dikatakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat pertemuan dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita, di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (8/8).

“Pada akhir Agustus dan awal September tahun ini akan ada panen jagung dan lahannya sudah siap. Kepastian rencana tersebut saya dapatkan saat pertemuan dengan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan. Alhamdulillah, ini menjadi kehormatan bagi kami dengan rencana kehadiran Presiden Joko Widoo ke Gorontalo saat panen jagung,” kata Rusli Habibie usai pertemuan di Jakarta.

Menurut Rusli, agenda panen jagung adalah tindak lanjut keinginan Presiden Jokowi saat melihat area perkebunan jagung pada acara peresmian PLTG Paguat di Kabupaten Pohuwato. Saat itu, ujar Rusli, Presiden Jokowi menyampaikan keinginan untuk bisa menghadiri panen jagung.

“Alhamdulillah gayung bersambut, pada saat rapat hal itu menjadi pembahasan dan mendapat sinyal positif akan kehadiran Presiden Jokowi kembali ke Gorontalo untuk panen raya jagung. Ini akan menjadi kunjungan ketiga beliau ke Gorontalo," tuturnya.

Sementara itu pada rapat di kantor Kementan, Rusli Habibie sebagai satu-satunya gubernur yang diundang, memaparkan program ekonomi kerakyatan khususnya bidang pertanian sebagai salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo. Pada tahun 2016 ini, langkah strategis yang dilakukan adalah peningkatan produksi dan produktivitas pertanian secara menyeluruh, pengembangan kawasan pertanian yang terintegrasi, serta penguatan kedaulatan pangan.

Untuk menjalankan langkah strategis di bidang pertanian, Pemprov Gorontalo memiliki 38 program prioritas di tahun 2016. Beberapa diantaranya yaitu peningkatan produksi pertanian, peningkatan nilai tambah hasil pertanian, penyediaan dan pengembangan sarana serta prasarana pertanian.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Efendi Lamatengo mengatakan,  panen jagung raya akan berlangsung pada akhir Agustus 2016 ini. 

“Pada intinya kami siap menyambut Presiden Jokowi. Selain itu saat ini upaya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memperjuangan bantuan benih gratis untuk petani di Gorontalo berbuah hasil. Provinsi Gorontalo mendapatkan bantuan benih gratis untuk 100 ribu hektar,” kata Efendi. (dil/jpnn)


JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri panen raya jagung di Provinsi Gorontalo. Rencana tersebut dikatakan Gubernur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News