15 Nama Kandidat Pansel Anggota KPU-Bawaslu Diserahkan ke Presiden

15 Nama Kandidat Pansel Anggota KPU-Bawaslu Diserahkan ke Presiden
Dirjen Polpum Kemendagri Mayjen Soedarmo. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyeleksi sejumlah nama yang akan duduk sebagai panitia seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Masa Bakti 2017-2022.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo mengatakan, dari hasil pengkajian mengerucut 15 nama, untuk kemudian nantinya dipilih 11 nama oleh Presiden Joko Widodo, sebagai anggota dan ketua tim panitia seleksi

"Sudah diajukan (ke Mendagri Tjahjo Kumolo, untuk kemudian diteruskan ke Sekretariat Negara,red). Kami lebihkan, nanti diambil sebelas nama termasuk ketua (pansel,red), sesuai undang-undang," ujar Soedarmo, Selasa (9/8).

Menurut Soedarmo, nama-nama calon pansel berasal dari tokoh-tokoh yang aktif di lembaga swadaya manusia (LSM), akademisi, termasuk beberapa mantan komisioner KPU sebelumnya. 

Komposisi yang demikian dianggap penting karena pemrintah menyadari tim perlu beranggotakan tokoh-tokoh yang paham betul pelaksanaan pemilu. 

"Itu tujuannya, memang meskipun tidak sepenuhnya kami bisa memenuhi keinginan masyarakat. Mungkin masyarakat ada penilaian lain dari yang kami ajukan. Tapi paling tidak yang terkecil, yang memungkinkan bisa memenuhi harapan masyarakat," ujar Soedarmo.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyeleksi sejumlah nama yang akan duduk sebagai panitia seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News