Borobudur Bikin Presiden Ukraina Terpesona

Borobudur Bikin Presiden Ukraina Terpesona
Foto: Kemenpar for JPNN

jpnn.com - MAGELANG - Kemegahan Candi Borobudur betul-betul membuat Presiden Ukraina, Petro Poroschenko bersama istrinya, Maryna Poroschenko terkesima. Di tengah guyuran hujan, Presiden Poroschenko tak ragu berkeliling dan berselfie ria di tengah candi Budha terbesar di dunia itu, Sabtu (6/8).

Mereka menaiki tangga satu per satu sampai ke level puncak. Selama 30 menit, Presiden Ukraina itu asyik menikmati keindahan monumen batu-batu hitam vulkanik yang didirikan sekitar tahun 800-a Masehi, masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Kekaguman Petro Poroschenko pada mahakarya budaya yang sudah masuk cagar budaya UNESCO itu tak habis-habisnya dia tunjukkan. Ada 2.672 panel relief, aslinya ada 504 arca Budha. Borobudur punya koleksi relief Budha terlengkap dan terbanyak di dunia. Punya 72 stupa atau patung Budha besar di tatanan batu itu.

Dia tak bisa diwawancarai media. Tapi pandangan kekaguman terhadap Borobudur seperti tak pernah putus. Dan hal itu dibenarkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko yang ikut mendampingi.

"Presiden Poroschenko memang sangat kagum dengan Borobudur. Beliau sering selfie dengan latar belakang Candi Borobudur," terang Heru.

Saat menyambut Presiden Ukraina, Heru ditemani Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setiabudi, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Tengah Prasetya Aribowo hingga jajaran PT Taman Wisata Candi Borobudur.

Panggah Ardiansyah, staf Balai Konservasi Borobudur (BKB) yang menjadi guide Presiden Poroschenko mengatakan, tamu negara itu membandingkan Borobudur dengan Angkor Wat di Kamboja, Menurut Panggah, Presiden Poroschenko memuji Borobudur yang lebih terawat ketimbang Angkor Wat.

"Presiden Ukraina sangat mengagumi candi Borobudur yang begitu megah, bersih serta memiliki nilai historis bagi umat Buddha. Beliau selalu menanyakan tentang relief di dinding candi dan sempat membandingkan dengan Angkor Wat di Kamboja. Dan menurutnya,  Candi Borobudur sedikit lebih terawat,” kata Panggah.

MAGELANG - Kemegahan Candi Borobudur betul-betul membuat Presiden Ukraina, Petro Poroschenko bersama istrinya, Maryna Poroschenko terkesima. Di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News