Mantan Ajudan Bung Karno Ini Nyentrik, Punya Kebiasaan Unik setiap Agustus

Mantan Ajudan Bung Karno Ini Nyentrik, Punya Kebiasaan Unik setiap Agustus
Mantan Ajudan Presiden RI Pertama Soekarno, Eyang Sugeng, dengan kendaraan sepeda motornya. Setiap bulan Agustus, dia selalu keliling Bekasi mengampanyekan makna Hari Kemerdekaan. Foto: ANDI/RADAR BEKASI

jpnn.com - BAGI warga Perumahan Seroja Kecamatan Bekasi Utara, pria yang akrab disapa Eyang Sugeng ini sangat familiar. Pasalnya, semasa muda dia pernah menjadi ajudan Presiden Soekarno.

Laporan: Andi Mardani- Bekasi Utara

Usianya memang sudah tidak muda lagi, namun tubuhnya masih terlihat segar bugar. Raut wajahnya menegaskan jika dia telah banyak memiliki pengalaman dalam hidup. Bulan Juli lalu, dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-76, lima tahun lebih tua dari usia kemerdekaan RI.

Setiap menjelang 17 Agustus, pria yang selalu mengenakan kopiah ini memiliki kebiasaan yang jarang dilakukan oleh orang lain. Dia biasanya berkeliling lingkungan dengan mengendarai sepeda motor yang telah dimodifikasi.

Sepeda motor tua tersebut dicat dengan warna merah putih. Di bagian belakang, dipasang dua bendera merah putih. Ketika melintas di jalan, tidak jarang kakek dengan empat cucu ini menjadi perhatian warga dan pengguna jalan lainnya.

Hampir setiap hari dia keliling Kota Bekasi sejak awal Agustus lalu. Panas terik matahari tidak dia rasakan. Cara yang dia lakukan ini untuk mengenang masa-masa ketika dia masih muda. Ya, saat masih muda dia sempat menjadi ajudan Presiden Pertama RI, Soekarno.

Biasanya, dia mendatangi sekolah-sekolah, berkomunikasi dengan perkumpulan remaja dan masyarakat Kota Bekasi lainnya. Misi yang dia bawa yakni, ingin mengajak para pemuda di Kota Bekasi menggelorakan semangat kemerdekaan RI.

“Saya seperti ini ingin mengajak para generasi muda untuk menghargai jasa pahlawan yang sudah memerdekakan Negeri ini dari penjajah. Karena, saya merasakan betul bagaimana kita dalam tekanan penjajah,” katanya.

BAGI warga Perumahan Seroja Kecamatan Bekasi Utara, pria yang akrab disapa Eyang Sugeng ini sangat familiar. Pasalnya, semasa muda dia pernah menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News