Satgas Maritim TNI Lanjutkan Misi Perdamaian Dunia Di Lebanon

Satgas Maritim TNI Lanjutkan Misi Perdamaian Dunia Di Lebanon
Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-I/UNIFIL tahun 2016. Satgas yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo ini melanjutkan misi perdamaian dunia di laut Lebanon. FOTO: Dispen Koarmatim

jpnn.com - SURABAYA - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto dengan penuh kebanggaan melepas prajurit terbaiknya yakni Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-I/UNIFIL tahun 2016. Satgas yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo ini melanjutkan misi perdamaian dunia di laut Lebanon.

“Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL tahun 2016 adalah Satgas MTF pertama yang diberangkatkan menuju Lebanon dengan menggunakan Pesawat Udara. Kali ini berbeda dengan Satgas sebelumnya yang berangkat melalui lintas laut menggunakan KRI,” ucap Pangarmatim saat memimpin upacara pemberangkatan Satgas Maritim di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Kamis (11/8).

Untuk diketahui, sejak tanggal 4 Agustus 2016, sebanyak 12 orang Tim Aju berangkat menuju Pusat Misi Pemelihara Perdamaian (PMPP) TNI, yang disusul oleh 95 orang lainnya setelah upacara pelepasan di Koarmatim.

Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2016 akan dilaksanakan upacara pemberangkatan Satgas Maritim TNI tahun 2016 oleh Panglima TNI di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Menurut darwanto, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 merupakan Satgas MTF ke-9 yang dalam waktu dekat ini akan menggantikan personel Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/TA. 2015, dengan Dansatgas Kolonel Laut (P) Yayan Sofyan bersama KRI Bung Tomo-357 telah menjalankan misi dengan sukses dan mendapat apresiasi dari MTF Commander.

Lebih lanjut, Perwira Tinggi TNI AL berbintang dua itu mengatakan KRI Bung Tomo-357 jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim selanjutnya akan tetap berada di Lebanon untuk melanjutkan misi bersama Satgas berikutnya Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL TA. 2016 dengan Komandan Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo.

Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 yang akan mengemban misi penugasan selama satu tahun ini, akan memberangkatkan 107 orang. Mereka terdiri dari 93 prajurit KRI, 7 crew Heli, 1 personel Kopaska, 1 personel Penyelam, 1 personel Perwira Penerangan, 1 personel Perwira Psikologi, 1 personel Perwira Intelijen, 1 personel dokter, dan 1 personel Perwira Hukum.

"Ini merupakan kepercayaan PBB kepada TNI khususnya TNI Angkatan Laut dalam rangka menjaga perdamaian di perairan Lebanon-Israel yang diawali sejak 16 Maret 2009 dengan mengirimkan KRI Diponegoro-365 sebagai KRI pertama  yang membawa Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-A/ TA. 2009, dengan Dansatgas yakni Letkol Laut (P) Arsyad Abdullah,” kata Pangarmatim melalui siaran pers Dispen Koarmatim.

SURABAYA - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto dengan penuh kebanggaan melepas prajurit terbaiknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News