Mahkamah Konstitusi Kebanjiran Pujian

Mahkamah Konstitusi Kebanjiran Pujian
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi dalam menjalin hubungan internasional dengan lembaga sejenis di tingkat Asia maupun dunia. 

Menurut dia, hal itu bisa dilihat langsung di Kongres Association of Asian Constitutional Court and Equivalent Institution (AACC) III di Denpasar, Bali.

"Ketika saya berdiskusi dengan beberapa delegasi dari lembaga sejenis MK mereka memberikan penilaian positif terhadap performa MK," kata Aboe yang turut hadir di AACC itu, Kamis (11/8).

Sebagai mitra kerja MK, Aboe mengapresiasi capaian dari Ketua MK Arief Hidayat dan jajarannya. "Apa yang telah dikerjakan MK mendapat perhatian lembaga sejenis di tingkat Asia," kata anggota Komisi III DPR ini.

Terbukti, lanjut Aboe, dari kongres di Turki MK Indonesia terpilih sebagai Presiden AACC. Kemudian saat di Denpasar ini MK Indonesia terpilih sebagai sekretariat tetap asosiasi MK se-Asia.

Banyaknya kehadiran peserta juga menunjukkan bahwa MK memiliki kredibilitas yang baik sebagai penyelenggara kongres.

"Bila sebelumnya yang aktif hanya 16 negara, pada kegiatan yang diselenggarakan oleh MK RI terdapat 20 negara yang hadir berikut observernya," ujarnya.

Aboe berpesan kepada ketua MK dan jajaran agar menjaga performa dengan baik, mengingat tahun depan akan kembali digelar pemilihan kepala daerah serentak. Tentunya MK akan kembali disibukkan dengan berbagai sengketa. "Terlebih nanti jika pemilihan legislatif digelar bersamaan dengan pemilihan presiden, maka hal ini harus dapat diantisipasi dengan baik oleh MK," tuntasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi dalam menjalin hubungan internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News