Iran dan Oman Tertarik Bangun Kilang Minyak di Bontang

Iran dan Oman Tertarik Bangun Kilang Minyak di Bontang
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA – Investor asing tertarik menanamkan modal setelah pemerintah Indonesia berencana membangun kilang minyak di berbagai wilayah. Setelah Iran yang menyatakan minat di Bontang, Kalimantan Timur, giliran Oman mengaku tertarik berinvestasi.

Jumat (12/8) kemarin, perwakilan Oman menemui Menteri BUMN Rini Soemarno di gedung Kementerian BUMN. Tertariknya negara di pesisir tenggara Jazirah Arab itu tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pemerintah.

Selain Bontang, direncanakan ada pembangunan kilang di kawasan Sumatera Utara. ’’Mereka juga tertarik bareng Pak Dwi (Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, Red). Tapi, masih kami lihat lagi detailnya,’’ ujar Rini.

Ketertarikan bersama Pertamina itu dilakukan untuk menggarap kilang Bontang. Seperti diketahui, pemerintah berencana memberikan penugasan khusus untuk merealisasikan kilang di Kalimantan Timur.

Untuk rencana kilang di Sumatera Utara, sampai sekarang lokasi pastinya belum diketahui. Namun, Rini menyebut akan melihat mana yang lebih cepat direalisasikan antara Bontang dan Sumatera Utara.

Jadi, belum diputuskan Oman akan menjadi mitra di kilang yang mana. Kini pemerintah memiliki banyak opsi untuk mencari investor pembangunan kilang. Untuk Bontang, yang sudah terang menyatakan minat adalah Iran dan Oman.

Namun, pemerintah harus mengubah skema pembangunan kilang Bontang yang terlanjur dengan cara kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Sebab, Pertamina tidak diperbolehkan menunjuk langsung mitra kerjanya. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menyatakan, opsi bermitra dengan national oil company (NOC) Timur Tengah bakal terbuka lebar.

JAKARTA – Investor asing tertarik menanamkan modal setelah pemerintah Indonesia berencana membangun kilang minyak di berbagai wilayah. Setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News