17.845 Bendera Merah Putih di Perbatasan RI-Malaysia

17.845 Bendera Merah Putih di Perbatasan RI-Malaysia
Bendera Merah Putih. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK – Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-71,    Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura akan mengibarkan 17.845 Bendera Merah Putih di sepanjang perbatasan Indonesia – Malaysia.

Pengibaran tersebut mereka lakukan mulai dari Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu hingga Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. 

Titik puncak peringatan kemerdekaan RI itu akan dipusatkan di Temajuk, dengan ditandai pengibaran bendera berukuran 10x15 meter di Tanjung Datuk, yang merupakan titik perbatasan negara Indonesia dan Malaysia. 

"Pengibaran tersebut akan dilaksanakan di pos navigasi (mercusuar) tidak jauh dari patok A1 yang menjadi batas negara," ujar kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, seperti diberitakan Pontianak Post (Jawa Pos Group).

Menurut Tri, pengibaran Bendera Merah Putih itu rencananya juga akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). 

"Pengibaran 10x15 meter ini menjadi puncak rangkaian pengibaran 17.845 bendera yang akan dikibarkan mulai dari Nanga Badau di Kabupaten Kapas Hulu hingga Temajuk di Kabupaten Sambas, mulai tanggal 13 hingga 17 Agustus," katanya. 

Tanjung Datuk dipilih sebagai titik akhir pengibaran bendera, menurut dia, dikarenakan wilayah ini sempat diklaim oleh Malaysia sebagai wilayah mereka. 

"Bendera-bendera itu akan dipasang dengan jarak 10 meter antarbendera satu dengan lainnya, disesuaikan dengan medannya," papar Tri.

PONTIANAK – Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-71,    Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura akan mengibarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News