Siapa Sosok yang Mengenalkan Archandra Tahar ke Presiden Jokowi?

Siapa Sosok yang Mengenalkan Archandra Tahar ke Presiden Jokowi?
Archandra Tahar. Foto: Rak Denny/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara resmi memberhentikan Archandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri ESDM, kemarin. Pria asal Padang itu dicopot di hari ke-20 dia menjabat menteri.

TERBARU: Sabaleh jo Kapalo...Archandra Tahar Mohon Maaf

’’Setelah mendapatkan informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM,’’ ujar Mensesneg Pratikno semalam. 

Untuk memimpin Kementerian ESDM, untuk sementara Presiden menunjuk  Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelaksana tugas.    

Namun, Pratikno menolak menjawab saat disinggung mengenai proses seleksi menteri hingga akhirnya kebobolan. Begitu pula saat dikonfirmai mengenai kebenaran bahwa Archandra memiliki kewarganegaraan ganda. ’’Nanti akan diklarifikasi pejabat berwenang. Yang berwenang Menkum HAM kan,’’ ucapnya.

Setali tiga uang, Juru Bicara Presiden Johan Budi S.P juga menolak mengonfirmasi bahwa Presiden kebobolan soal status Arhcandra. 

’’Melihatnya jangan begitu. Melihatnya, Presiden responsif  terhadap persoalan yang muncul,’’ terang mantan Pimpinan KPK itu. Dia juga membenarkan bahwa Archandra bertemu Presiden pada siang hari sebelum dia diberhentikan.

Informasi justru muncul dari luar Istana. Ekonom Faisal Basri menyebut, awal mula Jokowi mengenal Archandra tidak lepas dari peran mantan Deputi di Kantor Staf Presiden, Darmawan Prasodjo. 

JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara resmi memberhentikan Archandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri ESDM, kemarin. Pria asal Padang itu dicopot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News